Program PTSL Pemerintah Pusat gratis,  Begini Penjelasan Kakanwil BPN Sulsel

Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Sulawesi Selatan, Dadang Suhendi didampingi Bupati Jeneponto Iksan Iskandar, saat dikonfirmasi setelah penyerahan sertifikat tanah kepada 402 masyarakat di ruang Pola Panrannuanta Kantor Bupati Kabupaten Jeneponto, Jalan Lanto Daeng Pasewang Kelurahan Empoang Kecamatan Binamu,Kamis, 28 Februari 2019/Syarief

Terkini.id,Jeneponto – Program Pemerintah Pusat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) melalui Badan Pertanahan Nasional diperuntukkan kepada masyarakat secara gratis.

Hal itu Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Sulawesi Selatan, Dadang Suhendi setelah menyaksikan penyerahan sertifikat tanah kepada 402 masyarakat di ruang Pola Panrannuanta Kantor Bupati Kabupaten Jeneponto, Jalan Lanto Daeng Pasewang Kelurahan Empoang Kecamatan Binamu, Kamis, 28 Februari 2019

“Kalau sertifikat itu gratis, tidak bayar sepanjang calon peserta memenuhi persyaratan, yang namanya masyarakat untuk mengurus persyaratan harus ada biaya-biaya perlengkapan persyaratan, seperti materai ataupun patok-patok tanda batas itu peserta wajib bayar, jadi bukan bayar tapi kewajiban,” kata Dadang Suhendi.

Scroll ke Bawah untuk melanjutkan

Menurutnya, jumlah kewajiban calon peserta PTSL itu telah disepakati oleh tiga menteri,”SKB tiga menteri sebanyak Rp 250 ribu, jadi tidak boleh melewati itu keputusan tiga menteri, jadi ada aturannya,” jelas  Dadang Suhendi.

Sementara Sekretaris daerah Kabupaten Jeneponto,Dr.dr.Syafruddin Nurdin,M.Kes menegaskan jika ada Pemerintah kelurahan yang melakukan pungli maka segera laporkan.

“Kan sudah ada aturannya, tidak boleh melewati di sudah diterapkan, ya kalau ada yang lewat dari Rp 250 ribu tentu itu masuk pungli, ada tim saber pungli yang akan menindak lanjuti itu, dan tentunya sanksi menanti, bisa saja diberhentikan dari jabatannya,” tegasnya.

Dimana pada tahun 2018 telah terealisasi sebanyak 5.336 bidang tanah, dan BPN akan terus membagikan kepada masyarakat peserta PTSL.

Rekomendasi

Mungkin Anda Suka

Legislator PAN Sulsel Minta Polisi Usut Tuntas Penyebab Kebakaran Pasar Karisa Jeneponto

Pantau Pemadam Api Lewat Virtual, Bupati Jeneponto Teteskan Air Mata Saat Melihat Kondisi Pasar Karisa

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar