Beragam Alasan Tidak Ingin Kartu Kredit

Ilustrasi : Kartu Kredit
Ilustrasi : Kartu Kredit. Sumber foto : suara.com

Terkini.id, – Tidak memiliki kartu kredit saat ini, bagi sebagian orang kelihatan kuno mengingat kemudahan untuk mendapatkannya dan di era sekarang kartu kredit seolah-olah menjadi barang murah yang ditawarkan oleh pihak bank.

Betapa tidak rayuan program yang menarik menjadi perhatian masyarakat, sebut saja program cashback, promo-promo, welcome bonus, bebas biaya tahunan seumur hidup dan sebagainya.

Rasanya jika tidak tertarik memilikinya menjadi kelihatan kuno dan ketinggalan zaman. Gaya hidup yang tinggi menjadi godaan pertama untuk berani memiliki kartu kredit.

Scroll ke Bawah untuk melanjutkan

Mereka yang tadinya tidak kepingin menjadi ingin segera memilikinya karena dianggap kartu ini sangat penting untuk masyarakat modern yang serba ingin praktis.

Awalnya hanya mencoba memiliki satu kartu kemudian berani menambah kartu karena tergiur promo kartu bank lain dengan kemudahan yang ditawarkan pihak bank.

Dari sekian banyak orang yang sudah memiliki kartu kredit, ada segelintir orang yang merasa tidak butuh kartu praktis tersebut.

Alasan mereka untuk tidak memiliki kartu kredit bisa dijadikan contoh untuk kita yang berniat ingin memiliki tetapi masih mempertimbangkannya.

Berikut alasan orang tidak mau memiliki kartu kredit seperti melansir dari cermat.com,

1. Takut Berutang pada Bank

Memiliki kartu kredit berarti menerima berurusan dengan bank, termasuk berutang.

Dengan menggunakan kartu kredit berarti kita berutang pada bank dan sudah pasti ada bunganya dan nilainya juga besar, belum risiko telat membayar dan sudah pasti kena denda.

Jika gagal membayar, risikonya ditagih-tagih oleh dept collector, bisa sehari lebih dari sekali dihubungi lewat telepon. Belum lagi didatangi dept collector jika tidak mau menerima telepon dari mereka.

Hidup seperti tidak aman, penuh ketakutan, tidak bisa tidur  nyenyak karena utang.

Jika begitu masalahnya lebih baik tidak pernah memiliki kartu kredit.

2. Takut Tidak Bisa Menekan Keinginan Berbelanja

Keuntungan memiliki kartu kredit adalah dimudahkan untuk melakukan transaksi pembayaran apapun.

Ini bisa membuat salah perhitungan dan menjadi gelap mata untuk belanja, belanja dan terus belanja. Barang yang tidak harus dibeli menjadi bisa dibeli karena kemudahan menggunakan kartu kredit.

Risikonya bisa jadi menyesal kemudian karena biaya hidup yang seharusnya murah bisa dibayar tunai menjadi mahal karena kartu kredit.

Harusnya bisa berhemat malah menjadi berutang dan gaya hidup menjadi berubah tadinya hidup sederhana menjadi hidup lebih mewah dari biasanya karena keinginan untuk berbelanja terpenuhi dengan mudah.

Karena alasan inilah maka beberapa orang tidak butuh kartu kredit.

3. Takut Tidak Bisa Mengelola Keuangan

Dengan adanya kartu kredit, pengeluaran pasti akan membengkak dan tidak akan mudah mengelola keuangan karena menggunakan uang bank.

Sebaliknya jika tidak memiliki kartu kredit akan lebih mudah mengelola keuangan karena berbelanja dengan uang hasil tabungan bukan utang bank.

Sehingga lebih hati-hati membelanjakan uang karena dari hasil tabungan sendiri, jadi  tidak ada daftar utang kartu kredit yang harus dibayar dalam catatan keuangan.

Ini alasan yang membuat beberapa orang memilih tidak ingin memiliki kartu kredit.

4. Memilih Menabungkan Uangnya

Alasan lain orang tidak ingin memiliki kartu kredit adalah mereka tidak mau menghambur-hamburkan uang hanya karena tergiur promo dari tawaran kartu kredit.

Asumsinya dengan memiliki kartu kredit tidak akan bisa menabung. Jadi pilihan inilah yang membuat mereka tidak tertarik memiliki kartu kredit

5. Tidak Banyak Pengeluaran

Bagi mereka yang bukan tipe orang yang suka berbelanja, keluyuran dan nongkrong makan diluar, tidak ingin memiliki kartu kredit karena merasa bahwa pengeluaran mereka cukup dengan menggunakan uang tunai,

Alasan inilah yang membuat mereka tidak ingin memiliki kartu kredit.

6. Punya Cukup Tabungan

Memiliki tabungan yang cukup membuat tidak ingin berutang dengan kartu kredit. Jadi tidak perlu utang kalau ingin berbelanja.

Jika melihat beragam alasan orang tidak ingin memiliki kartu kredit, bisa menjadi pertimbangan buat kita bahwa tidak selamanya kartu kredit bermanfaat. Jika merasa tidak sanggup untuk berutang di bank, jangan menginginkan memiliki kartu kredit hanya karena mewujudkan keinginan demi gaya hidup yang pada akhirnya merugikan keuangan dan mengusik mental. 

Rekomendasi

Mungkin Anda Suka

Hati-hati Penggunaan Lensa Kontak Bisa Timbulkan Masalah Ini

Perlu Hati-hati, Covid-19 Menyebar Lebih Mudah Dari Dugaan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar