Intip, 12 Kebiasaan Orang Paling Sehat

Ilustrasi : Kebiasaan Orang Paling Sehat
Ilustrasi : Hidup Bahagia

Terkini.id, – Memiliki tubuh yang sehat dan bersemangat adalah keinginan terbesar setiap orang. Sayangnya tidak semua orang mendapatkan impian tersebut.

Tubuh yang sehat dimulai dari kebiasaan menjalani dan memilih hidup sehat.

Berikut 12 kebiasaan orang paling sehat yang perlu diterapkan.

Menarik untuk Anda:

1. Selalu Sarapan Sehat

Kebiasaan pertama orang sehat adalah selalu sarapan sehat setiap hari. Ini sesuatu yang penting dilakukan karena sarapan pagi membantu tubuh meningkatkan metabolisme dan membuat kita tidak akan makan berlebihan di siang dan malam hari.

Penelitian membuktikan bahwa orang dewasa yang selalu memilih sarapan sehat setiap pagi lebih baik dalam bekerja sepanjang hari dan anak-anak yang selalu makan pagi mendapat nilai lebih tinggi dalam setiap tes ujian.

Sarapan pagi yang sehat adalah yang mengandung kandungan protein tinggi, vitamin dan mineral.

Kita bisa memilih telur sebagai bahan protein untuk sarapan atau buah-buahan seperti apel, pisang sebagai sarapan pagi.

Makan pagi dengan kandungan protein tinggi akan membuat tubuh lebih cepat kenyang dan tidak mudah lapar sehingga dapat mengontrol makan siang dan makan malam lebih sehat.

2. Makan dengan Perencanaan

Kebiasaan orang sehat yang kedua adalah selalu merencanakan apa yang akan dimakan.

Selain membantu menghemat waktu dan uang dalam jangka panjang, mempertimbangkan tujuan dan kebutuhan makan.

Jika ingin menurunkan berat badan, maka akan mengurangi asupan karbohidrat, gula dan lemak dengan menambahkan protein dan vitamin.

Dengan merencanakan dan mempersiapkan apa yang perlu dimakan akan membuat kita makan terkendali.

3. Minum Banyak Air Putih 

Mengonsumsi air putih yang banyak setiap hari akan membuat tubuh terhidrasi. Selain itu mengonsumsi banyak air membantu menurunkan berat badan.

Jika Anda tidak menyukai air putih, tambahkan irisan jeruk, lemon, semangka atau mentimun dalam air putih.

4. Selalu Beraktifitas

Duduk sambil minum kopi sangat menyenangkan tapi jangan terlalu lama duduk. Lakukan beberapa gerakan peregangan. Ini sangat baik untuk tubuh dan pikiran.

Lakukan aktifitas setiap hari dengan berjalan kaki selama 30 menit lima kali dalam seminggu akan membantu menjaga perasaan selalu bersemangat.

Jika tidak memiliki waktu untuk berjalan selama tiga puluh menit, melakukan aktifitas ini dalam waktu singkat juga dapat membantu

5. Berinteraksi Secara Offline

Menyenangkan berselancar dengan media sosial dan memperhatikan foto-foto teman-teman. Tetapi lebih menyenangkan dan menyehatkan membebaskan diri dari layar handpone atau komputer dengan melakukan kegiatan offline.

Kebiasaan sehat seperti berjalan kaki bersama keluarga, membaca buku,  membantu memasak, membersihkan rumah, atau mengobrol dengan tetangga akan membuat jiwa dan raga sehat dan bahagia.

6. Belajar Sesuatu yang Baru

Keterampilan baru membantu otak kita tetap sehat, latih diri kita dengan menguasai sesuatu yang baru seperti mendaftar kursus memasak, ikut kelas dansa, menulis kreatif atau belajar menguasai bahasa baru.

Belajar sesuatu yang baru diperlukan untuk membantu memperlambat tanda-tanda penuaan dan dapat menunda efek penyakit Alzheimer.

7. Tidak Merokok dan Minum Alkohol

Merokok dan minum alkohol adalah candu, kebiasaan ini merugikan kesehatan.

Jika ingin sehat berhentilah merokok dan minum alkohol.

Berhenti merokok adalah langkah besar menuju kesehatan yang lebih baik.

Tubuh kita akan memperbaiki diri sendiri dengan cepat, segera setelah 20 menit berhenti merokok maka detak jantung dan tekanan darah akan turun. Jika Anda merokok dan minum alkohol, segeralah berhenti dari kebiasaan buruk jika ingin hidup lebih sehat dan berbahagia.

8. Tidur Nyenyak

Tidur nyenyak di malam hari akan memberikan banyak manfaat buat tubuh. Suasana hati menjadi lebih baik, mempertajam ingatan dan membuat pikiran lebih fokus dan membantu kita mempelajari hal-hal baru.

Dalam jangka panjang, membiasakan tidur cukup 7-9 jam semalam akan membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan membantu mempertahankan tubuh tetap langsing.

Untuk istirahat terbaik, lakukanlah sesuai jadwal tidur dang bangun pada waktu hamper sama setiap harinya.

9. Rajin Berolah Raga – Latihan Otot

Melatih otot dengan berolaraga bermanfaat untuk membantu tubuh kita mengikis lemak untuk massa otot dan membakar lebih banyak kalori.

Latihan otot juga membantu menurunkan berat badan, memperkuat jantung, dan membangun tulang.

Lakukan latihan kekuatan yang bisa dilakukan seperti push-up, lunge, dan angkat beban – setidaknya dua kali seminggu.

10. Berjemur

Berjemur beberapa menit di bawah sinar matahari akan membantu meningkatkan kadar vitamin D, dan itu sangat baik untuk tulang, jantung dan menjaga suasana hati.Berada di luar dalam beberapa menit memberikan istirahat dari perhatian kita untuk duduk manis di depan TV dan komputer.

11. Menjaga Keseimbangan

Menjaga keseimbangan sangat diperlukan bagi kita yang masih muda dan aktif untuk membantu terhindar dari cedera.

Bagi yang lebih tua akan membantu tubuh tetap aktif lebih lama dan menurunkan kemungkinan gampang jatuh dan patah tulang.

Melatih keseimbangan yang baik berarti otot yang lebih baik, jantung yang lebih sehat dan kepercayaan diri yang lebih besar. Yoga dan Tai Chi adalah pilihan yang baik untuk dilakukan.

12.  Bermeditasi atau Melatih Fokus

Penelitian menunjukan bahwa melatih kesadaran dengan bermeditasi akan memangkas stres, mengurangi rasa sakit dan meningkatkan suasana hati.

Bermeditasi secara teratur dapat mengubah bagian otak yang terkait dengan emosi, pembelajaran dan memori.

Jika melakukan tugas dengan fokus akan baik untuk otak, selama melakukannya dengan penuh perhatian.

Memasuki masa-masa New Normal akibat pandemi Covid-19, menjaga kesehatan dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan adalah kebiasaan sehat yang perlu dilakukan oleh mereka yang ingin hidup lebih sehat.

Ingat selalu pesan ibu, selalu memakai masker, rajin mencuci tangan dan jaga jarak dengan orang lain serta selalu berpikiran positif.

Rekomendasi

Mungkin Anda Suka

Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari Erat Kaitannya dengan Memperpanjang Umur

Jangan Ditiru, Tips Diet Ini Membahayakan Kesehatan Tubuh

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar