Intips, Menghilangkan Kantong Mata dan Lingkaran Hitam pada Mata

Tips menghilangkan kantong mata
Tips menghilangkan kantong mata

Terkini.id, – Seiring bertambahnya usia, terjadi penuaan dan salah satunya bisa muncul kantong mata atau dikenal dengan mata panda dan lingkaran hitam di sekitar mata.

Selain karena masalah penuaan, kantong mata dan lingkaran hitam bisa terjadi karena sering alami kelelahan dan kurang tidur.

Hal lain juga bisa menjadi penyebabnya seperti terjadi peningkatan jumlah melanin di kulit sekitar mata akibat paparan sinar matahari berlebihan, peradangan atau hiperpigmentasi, penumpukan cairan di sekitar mata, karena perubahan hormon dan terlalu banyak mengonsumsi garam, dan stress.

Menarik untuk Anda:

Penampakan ini membuat mata tidak segar, kelopak mata terlihat kendor dan mengurangi rasa percaya diri meski ini tidak berbahaya.

Untuk menghilangkan kantong mata dan lingkaran hitam beberapa perawatan di bawah ini bisa dilakukan :

1. Kompres Dingin

Untuk mengurangi mata bengkak dan menyamarkan lingkaran hitam pada mata dapat dilakukan dengan mengompresnya selama 10-15 menit menggunakan lap bersih yang telah direndam air dingin atau dibungkus es.

Anda juga bisa mengompresnya menggunakan kantong the hijau basah, dengan mentimun atau memakai masker gel khusus mata.

2. Perbaiki Waktu Tidur

Salah satu penyebab munculnya mata panda dan lingkaran hitam adalah karena kelelahan dan kurang tidur, sehingga untuk mengatasinya perlu mencukupi waktu tidur setiap malam.

Setidaknya waktu tidur yang cukup setiap malam adalah selama 7-9 jam.

Untuk mencegah penumpukan cairan di sekitar mata saat tidur, posisi tidur harus diperhatikan.

Letakan bantal tambahan untuk menopang kepala sehingga posisi kepala sedikit terangkat sehingga dapat mencegah terjadi penumpukkan cairan di bawah mata.

3. Hindari Minum Mengandung Kafein dan Alkohol

Jenis minuman mengandung kafein dan alhokor dapat menyebabkan dehidrasi ringan sehingga mengganggu jam tidur. Hal ini bisa membuat kantong mata dan lingkaran di sekitar mata menjadi lebih jelas.

Cara yang terbaik adalah menghindari minuman tersebut agar kantong mata cepat hilang.

4. Kurangi Garam dan Cukupi Cairan

Mengurangi asupan makanan olahan yang mengandung banyak garam agar tidak timbul mata panda , juga perlu mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

5. Penuhi Kebutuhan Kalium

Untuk mengurangi risiko terbentuknya kantong mata, perlu memenuhi kebutuhan kalium dalam tubuh. Beberapa sumber makanan yang kaya akan kalium seperti pisang, kacang, yoghurt, sayuran hijau.

6. Pakai Tabir Surya

Paparan sinar matahari dapat mengakibatkan munculnya lingkaran hitam di bawah mata sehingga perlu untuk selalu menggunakan tabir surya setiap hari dengan SPF 30.

Gunakan concealer yang mengandung SPF 15 atau lebih sebelum menggunakan tabir surya.

7. Pakai Krim Khusus Mata

Krim mata yang mengandung vitamin dapat membantu menghilangkan kantong mata. Selain itu membantu mengurangi peradangan dan mengencangkan kulit.

8. Gunakan Krim Pemutih

Krim pemutih bisa menjadi solusi untuk mengatasi lingkaran hitam yang disebabkan oleh hiperpigmentasi atau meningkatnya zat melanin pada kulit.

9. Obat Alergi

Jika penyebab kantong mata karena alergi maka untuk menyembuhkannya gunakan obat alergi seperti obat antihistamin untuk meredakan alergi yang timbul.

10. Dermal Filler

Jika kantong mata akibat penuaan dan jaringan kulit yang kendur bisa diatasi dengan dermal filler oleh dokter kulit

11. Terapi Laser

Terapi laser juga dianjurkan sebagai salah satu metode untuk menghilangkan kantong mata.

12. Operasi Kelopak Mata

Cara terakhir ini jika masalah kantong mata bertambah parah sehingga terjadi pembengkakan maka Anda perlu mempertimbangkan untuk melakukan operasi kelopak mata untuk memperbaiki kelopak mata yang bengkak dan mengurangi kelebihan kelopak mata bagian atas dan bawah yang bisa mengganggu penglihatan.

Konsultasikan masalah ini dengan dokter kulit untuk permasalahan kantong mata yang parah.

Rekomendasi

Mungkin Anda Suka

Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari Erat Kaitannya dengan Memperpanjang Umur

Jangan Ditiru, Tips Diet Ini Membahayakan Kesehatan Tubuh

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar