Mau Kurangi Nafsu Makan, Coba Ikuti Kiat Ini

Mau Kurangi Nafsu Makan, Coba Ikuti Kiat Ini. Sumber : Google

Terkini.id, – Menjadi gemuk bukanlah keinginan kebanyakan orang karena memiliki tubuh gemuk berisiko dan membuat rasa percaya diri berkurang. Obesitas membawa dampak besar buat kesehatan karena bisa memicu penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan stroke.

Keinginan untuk kurangi nafsu makan menjadi niat  yang mulia bagi mereka yang obesitas. Dambaan memiliki tubuh yang ideal selalu muncul di depan mata, namun mewujudkannya terasa berat untuk dijalankan.

Biasanya mereka yang obesitas memiliki nafsu makan yang besar dan jika kamu termasuk diantaranya dan berniat untuk mengurangi nafsu makan, beberapa kiat di bawah ini bisa dijalankan untuk mendapatkan atau mempertahankan berat ideal tubuh.

Scroll ke Bawah untuk melanjutkan

1. Tambahkan Porsi Protein Lebih Banyak dari Karbo

Cobalah menambahkan porsi protein 20-30% dalam asupan harian lebih tinggi daripada karbohidrat. Cara ini sangat efektif untuk meredam nafsu makan berlebih.

Protein membuat kita merasa lebih kenyang sehingga nafsu makan menjadi berkurang sehingga sangat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Penelitian membuktikan, mereka yang sarapan dengan telur (menu yang kaya dengan protein) selama 8 minggu, hasilnya 65% lebih sukses dalam menurunkan berat badannya.

2. Makan Makanan Berserat Tinggi

Makanan berserat tinggi sangat baik untuk memperlambat proses pengosongan perut dan membantu tubuh memproduksi hormon yang membuat perut kenyang sehingga nafsu makan menjadi berkurang.

Makanan berserat seperti kacang-kacangan bisa meningkatkan rasa kenyang hingga 31 %. Jadi dengan menambah porsi lebih banyak akan membantu tubuh menurunkan berat badan.

3. Makan Makanan Berkalori Padat 

Jenis makanan dengan kalori padat (solid) harus dikunyah sebelum ditelan. Mengunyah makanan akan membuat tubuh lebih cepat kenyang. Memilih makanan dengan kalori padat akan menurunkan nafsu makan. Jangan memilih kalori cair seperti jus karena tidak membutuhkan untuk dikunyah.

4. Rutin Minum Kopi

Minum kopi telah menjadi budaya banyak orang selain karena merasakan kenikmatannya juga kopi bisa memberikan rasa kenyang. Dengan minum kopi dapat meningkatkan pelepasan hormone peptida YY (PYY). Kopi dipercaya bisa menurunkan nafsu makan.

5. Minum Segelas Air Sebelum Makan

Cobalah untuk selalu minum segelas air sebelum makan, cara ini terbukti bisa meningkatkan rasa kenyang setelah makanan dihabiskan. Hal ini bekerja membantu mengatasi nafsu makan berlebih.

Selain itu biasakan mengonsumsi 1,5 liter air setiap hari. Penelitian membuktikan mengonsumsi air sebanyak 1,5 liter dalam waktu 8 minggu bisa menurunkan berat badan.

6. Olahraga Sebelum Makan.

Berolahraga secara teratur sebelum makan bisa membantu menurunkan nafsu makan secara efektif.

Penelitian membuktikan bahwa dengan berolahraga sebelum makan bisa menurunkan hormon ghrelin, salah satu hormon yang membuat kita merasa lapar.

7. Minum Teh Herbal

Membiasakan diri minum teh herbal bukan saja baik untuk kesehatan tetapi juga mampu menurunkan nafsu makan dan meningkatkan suasana hati. Akan sangat efektif jika dilakukan dibarengi dengan berolahraga secara teratur.

8. Minum Air Jahe

Air jahe bukan saja baik untuk kesehatan, juga terbukti bisa menurunkan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang setelah makan.

9. Atasi dan Kontrol Kondisi Stres

Stres tidak saja merugikan kesehatan juga meningkatkan nafsu makan. Bahkan stres bisa membuat kita memilih makan berlebihan dan tak bernutrisi.

Jika Anda stres, cobalah untuk mengatasi dan mengontrolnya dengan cara yang lebih baik seperti berolahraga dengan teratur, tidur yang cukup dan membagi waktu untuk bercengkrama dengan teman-teman.

10. Makan dengan Piring Kecil dan  Garpu Lebih Besar

Sebuah riset membuktikan bahwa makan dengan piring kecil dan garpu yang lebih besar berefek pada pikiran bahwa sudah makan penuh dan cukup. Ternyata ukuran dan perlengkapan makan kita bisa berdampak besar pada nafsu makan.

11. Makan dengan Membayangkan Makanan yang Kita Idamkan

Cara ini cukup efektif mengatasi rasa lapar dan mengurangi nafsu makan. Peneliti melakukan penelitian pada responden dan hasilnya 60% mereka makan lebih sedikit dari yang disuguhkan.

Sebaik-baiknya kita makan jangan mencoba membatasi porsinya dengan ketat karena car aini akan mengundang kita mengonsumsi makanan berlebih. Jika kita mengonsumsi makanan yang tepat dalam porsi yang cukup maka nafsu makan bisa berkurang.

Rekomendasi

Mungkin Anda Suka

Hati-hati Penggunaan Lensa Kontak Bisa Timbulkan Masalah Ini

Perlu Hati-hati, Covid-19 Menyebar Lebih Mudah Dari Dugaan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar