Memilih Nasi Merah Jauh Lebih Sehat, Ini Alasannya

Nasi merah
Nasi merah. Sumber : parenting.orami

Terkini.id, – Nasi merah menjadi konsumsi wajib bagi kebanyakan orang yang sedang menjalankan program hidup sehat atau lagi berdiet. Nasi merah dianggap jauh lebih sehat karena dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan.

Beberapa alasan menyebutkan bahwa nasi merah dari beras merah memiliki nilai gizi yang lebih baik dibandingkan nasi putih dari beras putih.

Berikut alasan mengapa orang lebih memilih beras merah dibandingkan beras putih untuk pola hidup sehat melansir dari hellosehat.com.

Menarik untuk Anda:

1. Kalori dan Karbohidratnya Lebih Rendah

Dari segi kalori beras merah lebih rendah kalori dibandingkan dengan beras putih. Ukuran satu gelas beras merah mengandung 218 kalori dan 45.8 gram karbohidrat sedangkan beras putih mengandung 242 kalori dan 53.2 gram Karbohidrat.

Ini yang menjadi alasan utama, mengapa mereka yang berdiet lebih memilih nasi merah ketimbang nasi putih.

Mengganti nasi putih dengan nasi merah akan membantu menurunkan berat badan karena menyumbang kalori lebih sedikit.

2. Memiliki Serat Lebih Tinggi

Beras merah memiliki kandungan serat lebih tinggi dibandingkan beras putih, karena proses produksinya tanpa pembuangan kulit.

Untuk ukuran satu gelas beras merah mengandung 3.5 gram serat sedangkan beras putih hanya 0.6 gram serat.

Selain itu kandungan protein dalam beras merah 4.5 gram sedangkan beras putih 4.4 gram, kandungan lemak dalam beras merah 1,8 gram beras putih 0.4 gram.

Itulah sebabnya beras merah dianggap lebih bernutrisi dibandingkan dengan beras putih.

Selain itu kandungan serat yang lebih tinggi juga membantu tubuh merasa lebih cepat kenyang sehingga tidak makan berlebihan.

3. Memiliki Vitamin Lebih Banyak

Di dalam satu porsi beras merah mengandung thiamine 0.2 mg, niacin 2.6 mg, dan Vitamin B6 0.3 mg. Sementara beras putih dalam proses pengolahan banyak vitamin yang hilang.

Kandungan Vitamin B ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

4. Lebih Banyak Mengandung Mineral

Di dalam satu porsi beras merah dapat mengandung 86 mg magnesium atau 22% dari anjuran asupan harian dan 150 mg fosfor atau15% dari anjuran asupan harian. Sedangkan beras putih hanya memiliki 24 mg magnesium dan 69 mg fosfor.

Mineral-mineral ini sangat baik untuk menjaga fungsi imun, jantung, saraf dan menjaga kesehatan fungsi ginjal, tulang dan gigi.

5. Memiliki Indeks Glikemik Lebih Rendah

Mengonsumsi nasi merah lebih baik dibandingkan nasi putih karena kandungan glikemik dalam beras merah lebih rendah hanya 55 dibandingkan beras putih 86.

Rendahnya glikemik dalam beras merah karena kandungan serat, polifenol dan phytic acid yang tinggi.

Data diperoleh berdasarkan jurnal yang telah dipublikasikan di International Journal of Food Science and Nutrition tahun 2006, mengungkapkan mereka yang mengonsumsi beras merah memiliki kadar gula darah lebih rendah dibandingkan yang mengonsumsi beras putih.

Indeks glikemik adalah ukuran yang digunakan untuk mengindikasikan seberapa cepat karbohidrat dalam makanan tertentu berubah menjadi gula.

Dengan rendahnya indeks glikemik dalam makanan akan lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi terutama bagi penderita diabetes.

Mengonsumsi nasi merah akan menurunkan risiko diabetes yang dihindari banyak orang.

Dari alasan tersebut di atas, bukan berarti dengan mengonsumsi nasi merah menggantikan nasi putih telah cukup membantu menurunkan berat badan. Perlu dibarengi dengan kegiatan untuk membakar kalori seperti olahraga dan menjaga pola makan dan gaya hidup sehat lainnya.

Rekomendasi

Mungkin Anda Suka

Tips Mengatasi Anak Remaja Suka Melawan Orang Tua

Intips Perawatan Skincare Anti Aging untuk Cegah Penuaan Dini

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar