Mengenal Deposito dan Cara Menghitung Potensi Keuntungannya

Ilustrasi : Deposito
Ilustrasi : Deposito. Sumber foto: akseleran

Terkini.id, – Deposito merupakan salah satu instrument investasi  sederhana yang disediakan perbankan sebagai jenis simpanan yang menjanjikan suku bunga tetap dalam jangka waktu tertentu.

Deposito bisa disimpan dalam bentuk rupiah bisa juga simpanan dalam bentuk valas atau disebut deposito valas.

Bank sebagai penyedia layanan deposito memberikan tawaran bervariasi untuk jangka waktu simpanan. Mulai dari 1,3,6,12, 24 bulan dengan suku bunga yang kompetitif oleh masing-masing bank kepada nasabahnya.

Menarik untuk Anda:

Nasabah yang memilih mendepositokan dananya sepakat untuk tidak menarik dan mengakses uang yang didepositkan sesuai dengan jangka waktu yang dipilihnya.

Bunga deposito yang cukup tinggi akan dibayarkan hanya pada akhir periode investasi. Berbeda dengan tabungan biasa yang bunganya dihitung tiap hari dan dibayarkan pada nasabah setiap akhir bulan,

Dengan hitungan jangka waktu dan suku bunga yang tetap, nasabah dapat dengan mudah menghitung jumlah bunga yang akan diterima pada akhir periode insvestasi deposito.

Untuk itu nasabah perlu mengetahui cara menghitung bunga deposito dengan benar.

Sebelumnya nasabah harus mengerti terlebih dahulu aturan dalam deposito dan perbedaannya dengan tabungan.

Deposito tidak setiap saat dapat diambil atau ditarik dananya, sedangkan tabungan bisa ditarik kapanpun. Karena deposito memiliki jangka waktu tertentu untuk pencairan dan jika ditarik sebelum waktunya maka akan ada penaltinya.

Karena sifatnya yang tidak bisa dicairkan sewaktu-waktu sehingga deposito termasuk golongan investasi seperti halnya saham, reksa dana dan obligasi.

Keuntungan yang diberikan dari deposito lebih baik karena tidak ada risiko kerugian yang dialami nasabah

Rekomendasi

Mungkin Anda Suka

Tips Mengatasi Anak Remaja Suka Melawan Orang Tua

Intips Perawatan Skincare Anti Aging untuk Cegah Penuaan Dini

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar