Punya Flek Hitam, 7 Cara Ini Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami

Cara alami menghilangkan flek hitam
Cara alami menghilangkan flek hitam

Terkini.id, – Punya flek hitam yang muncul di kulit wajah akan mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri.

Hiperpigmentasi atau flek hitam dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti bekas jerawat, paparan sinar matahari yang berlebihan, perubahan hormone, termasuk faktor genetik.

Perawatan flek hitam secara konvensional atau dengan bantuan medis bisa ditempuh, namun jika ingin mencoba menghilangkan flek hitam dengan cara yang aman, mudah dan murah dapat memilih cara alami.

Menarik untuk Anda:

Melansir dari Health Line via Kompas.com, beberapa cara alami di bawah ini bisa dilakukan:

1. Sari Lemon

Sari lemon kaya akan vitamin C dan berfungsi mencerahkan kulit serta meratakan warna kulit. Vitamin C terbukti efektif menurunkan pembentukan pigmen atau melanin pada kulit manusia.

Cara menghilangkan flek hitam dengan sari lemon, ambil sari lemon dan oleskan pada kulit wajah yang memiliki flek hitam dengan kapas, tunggu sebentar kemudian bilas dengan air bersih.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki senyawa aloin dan asam salisilat yang dapat menghilangkan flek hitam secara alami. Penggunaan lidah buaya secara konsisten dapat menstabilkan tingkat melanin dalam sel.

Gel lidah buaya dapat dioleskan secara langsung ke area wajah yang terdapat flek hitam. Tunggu 15-30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Lakukan cara ini berulang-ulang sampai mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

3. Kunyit

Kandungan curcumin yang dapat membantu proses penyembuhan luka, sehingga berkhasiat sebagai zat anti peradangan.

Campurkan satu sendok makan bubuk kunyit dengan sedikit air, tambahkan perasan lemon dan oleskan ke area wajah yang memiliki flek hitam.

Tunggu 15-30 menit lalu bilas dengan air hangat. Setelah itu pakai pelembab setelah menggunakan masker kunyit.

 Lakukan dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Madu

Madu memiliki kandungan zat antibiotic yang dapat membantu penyembuhan luka secara alami. Sehingga madu bermanfaat baik untuk kesehatan kulit terutama untuk menyembuhkan jerawat dan menghilangkan noda bekas jerawat.

Oleskan madu pada wajah dan biarkan meresap ke kulit semalaman. Bersihkan setelah bangun pagi dengan air hangat. Ulangi langkah ini untuk mendapatkan hasil yang terbaik..

5. Teh Hijau

Teh hijau memiliki efek de-pigmenting pada kulit, sehingga sangat baik untuk merawat kecantikan kulit.

Rendam kantong teh hijau ke dalam air mendidi selama beberapa meniit lalu keluarkan. Tunggu kantong the dingin lalu gosokkan dengan lembut pada area kulit yang terdapat flek hitam.

Lakukan dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang efektif.

Tidak hanya teh hijau, anda bisa menggunakan teh hitam untuk membantu menghilangkan bercak hitam atau flek pada kulit wajah.

Rendam teh hitam selama dua jam. Saring dan ambil bola kapas, celupkan pada air rendaman teh hitam lalu aplikasikan dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang efektif.

6. Cuka Apel

Cuka Apel terbukti efektif untuk perawatan wajah dan dapat meringankan pigmentasi.

Campur cuka apel dengan air sama takarannya di dalam wadah, setelah itu oleskan ke area kulit yang memiliki flek hitam. Tunggu 10-15 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan dua kali sehari untuk dapatkan hasil maksimal.

7. Susu dan Yogurt

Susu dan Yogurt memiliki asam laktat yang baik untuk perawatan wajah dan dapat membantu menghilangkan flek hitam pada kulit.

Rendam bola kapas dalam susu atau yogurt lalu sapukan pada kulit wajah yang memiliki flek hitam. Tunggu selama 10-15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Lakukan dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Jika anda telah rutin melakukan hal-hal tersebut di atas dan flek hitam tidak kunjung hilang maka langkah selanjutnya adalah segera ke dokter kulit dan konsultasikan masalah flek tersebut.

Cara menghilangkan flek hitam secara alami di atas hanyalah informasi umum dan bukan pendapat medis yang memenuhi syarat. Mungkin juga akan membutuhkan ketekunan dan waktu yang lama dibandingkan dengan perawatan dari salon atau klinik kecantikan serta produk kecantikan yang dijual bebas saat ini.

Rekomendasi

Mungkin Anda Suka

Tips Praktis Putihkan Gigi dengan Bahan Alami

6 Tanaman Hias Viral dan Banyak Diburu Pencinta Tanaman Hias .

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar