Simak, 7 Cara Agar Mata Anak Terhindar dari Mata Minus

Cara hindari mata minus pada anak
Cara hindari mata minus pada anak

Terkini.id, – Mata minus dapat cepat dialami oleh anak-anak, terutama dimasa pandemi Covid-19 yang menuntut anak-anak harus tinggal dan belajar dari rumah.

Anak-anak banyak menghabiskan waktu di depan layar smartphone, laptop, komputer, televisi dan buku dalam kesehariannya.

Akibatnya anak-anak rentan terganggu kesehatan matanya dan memicu mata minus atau rabun jauh.

Menarik untuk Anda:

Mata minus merupakan gangguan penglihatan yang membuat mata tidak dapat melihat dengan jelas suatu objek yang letaknya jauh.

Selain itu gangguan sakit mata sementara seperti mata tegang, mata kering, sakit kepala dan pandangan buram akan sering terjadi seiring dengan banyaknya waktu menggunakan smartphone dan berada di depan layar tv, laptop atau komputer.

Kurangnya memperoleh cukup paparan sinar matahari karena tidak beraktivitas di luar rumah mempercepat anak mengalami mata minus.

Para ahli kesehatan mata mengungkapkan bahwa anak-anak yang cukup memperoleh paparan sinar matahari dan sering beraktivitas di luar rumah, lebih rendah berpeluang mengalami mata minus.

Untuk mengantisipasi agar anak-anak terhindar dari mata minus adalah mengajak mereka selalu beraktifitas di luar ruangan.

Namun kondisi pandemi Covid-19 membuat mereka tidak bisa leluasa beraktifitas di luar rumah.

David Epley, MD, seorang ahli dari American Academy of Ophthalmology melansir dari Kompas.com, membagikan cara agar dapat mencegah mata minus pada anak belajar dari rumah.

Berikut 7 tips mencegah mata minus pada anak,  Tips 7 Cara  Agar Mata Anak Terhindar dari Mata Minus

1. Atur timer sebagai pengingat pada anak setiap 20 menit melakukan aktivitas dengan smartphone, menonton televisi, atau belajar lewat komputer dan laptop, harus istirahatkan mata.

2. Setelah beberapa saat menatap layar hp,tv, komputer arahkan anak untuk melihat ke luar jendela rumah selama 20 detik.

3. Hindari menggunakan smartphone, komputer di ruangan yang sangat terang, Karena cahaya yang terlalu silau akan membuat mata gampang tegang.

4. Pastikan untuk selalu mengatur tingkat kecerahan dan kontras pada layar smartphone, tablet, komputer dan televisi.

5. Hindari anak menatap layar dalam kondisi tengkurap atau berbaring, usahakan anak duduk dalam posisi nyaman untuk belajar dari smartphone, laptop atau komputer.

6. Atur jarak untuk menatap layar smartphone, laptop atau komputer dengan jarak 40-60 cm

7. Selalu ingatkan anak untuk berkedip setelah beberapa saat menatap layar smartphone, laptop, komputer, TV.

Jika anak merasa lelah segera istirahat sejenak. Lakukan dengan konsisten untuk melindungi mata anak dari gangguan kesehatan mata terutama mata minus.

Rekomendasi

Mungkin Anda Suka

Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari Erat Kaitannya dengan Memperpanjang Umur

Jangan Ditiru, Tips Diet Ini Membahayakan Kesehatan Tubuh

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar