Tips Menjaga Kekebalan Tubuh Selama Pandemi

Ilustrasi : Tips Menjaga Kekebalan Tubuh. Sumber : Google

Terkini.id, – Pandemi Covid-19 masih berlangsung dan belum ada tanda-tanda akan berakhir dalam waktu dekat. Menjaga kekebalan tubuh menjadi keharusan yang wajib dilakukan selama pandemi.

Mengingat banyaknya kasus terpapar Covid-19 yang mengakibatkan banyak orang sampai meninggal dunia, sehingga dipastikan kita juga sangat rentan untuk terpapar.

Menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh harus maksimal dilakukan agar sistem kekebalan tubuh kita tetap terjaga dan tidak mudah terinfeksi Covid-19.

Menarik untuk Anda:

Beberapa tips sederhana bisa kita lakukan sehari-hari, bisa memberikan manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita dan membuat tubuh tetap sehat dan terjaga.

1. Rutin Berjemur

Berjemur di pagi hari sangat baik untuk mendapatkan Vitamin D. Tubuh memerlukan paparan sinar ultraviolet B yang muncul pada pukul 09.30-14.30.

Waktu yang efektif untuk berjemur adalah jam 9-10 di pagi hari dan jam 2-3 di sore hari, seperti disarankan oleh Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, Prof. DR. Dr. Budi Setiabudiawan, Sp.A(K), M.Kes, melansir dari kompas.com.

Adapun fungsi berjemur di bawah matahari untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang, dan mendapatkan Vitamin D yang berperan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin D ini akan berperan aktif untuk sel-sel kekebalan tubuh menjadi lebih aktif dalam melawan benda asing yang masuk ke dalam tubuh termasuk jenis virus seperti corona. Fungsi sel imun yang meningkat bisa menangkap dan mematikan virus yang masuk.

Sehingga berjemur menjadi salah cara yang efektif untuk menangkal virus yang masuk kedalam tubuh.

Durasi yang disarankan untuk berjemur adalah 15-20 menit, lebih dari itu akan membuat kulit menjadi gosong dan merusak kulit.

2. Tidur yang Cukup

Beristirahat atau tidur yang cukup dapat membantu meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh

Rekomendasi

Mungkin Anda Suka

Tips Praktis Putihkan Gigi dengan Bahan Alami

6 Tanaman Hias Viral dan Banyak Diburu Pencinta Tanaman Hias .

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar