Bangunan Bersejarah yang Tak Boleh Kamu Lewatkan Saat Berkunjung ke Lampung

Vihara Thay Hin Bio (sumber: satyawinnie.com)

Terkini.id, – Ada banyak hal menarik yang bisa kamu temui saat berkunjung ke Lampung. Selain Taman Nasional Way Kambas dan gajah-gajahnya, deretan pantai cantik, serta kuliner dengan cita rasa yang lezat, Lampung juga memiliki sejumlah bangunan bersejarah yang sering menjadi tujuan wisata favorit.

Apabila kamu sedang berkunjung ke Lampung, tentu tidak ada salahnya apabila kamu menyempatkan waktu untuk mengunjungi beberapa bangunan yang sarat akan sejarah berikut ini.

Apalagi, selain belajar sejarah, di tempat-tempat ini kamu juga bisa mendapat foto-foto yang keren dan Instagramable, loh.

Menarik untuk Anda:

1. Vihara Thay Hin Bio
Vihara Thay Hin Bio merupakan salah satu vihara yang cukup bersejarah. Didirikan pada tahun 1850 oleh seseorang yang bernama Po Heng, Vihara Thay Hin Bio menjadi bangunan vihara pertama yang ada di Kota Bandar Lampung.

Selain bersejarah, vihara yang terletak di Jalan Ikan Kakap, Pesawahan, Teluk Betung Selatan ini juga memiliki arsitektur bangunan yang sangat indah.

Dari luar, kamu pasti akan langsung mengenali bangunan vihara yang berwarna merah cerah dengan pintu gerbang yang dihiasi dengan patung naga di bagian atasnya.

Menariknya lagi, meskipun hingga saat ini masih digunakan sebagai tempat ibadah pemeluk agama Konghucu, Buddha, hingga Hindu, siapa saja boleh masuk ke area vihara tanpa membayar uang masuk sepeser pun.

2. Masjid Al-Anwar

Masjid Al Anwar
Masjid Al-Anwar, Lampung (sumber : republika.com)

Masjid Al-Anwar merupakan masjid tertua di Kota Bandar Lampung yang dibangun oleh keluarga pendatang asal Bone, Sulawesi Selatan. Masjid ini berlokasi di Jalan Laksamana Malahayati, Kampung Masjid, Teluk Beting, Bandar Lampung.

Ketika terjadi letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883, bangunan Masjid Al-Anwar sempat rusak parah. Namun, setelah itu masjid kembali dibangun dan terus berkembang hingga menjadi pusat pengkajian ilmu filsafat Islam di Lampung.

Di masa perjuangan kemerdekaan, Masjid Al Anwar juga berperan sebagai basis perlawanan rakyat saat Belanda menduduki Lampung.

3. Istana Sekala Brak

Istana Skala Brak
Istana Skala Brak (sumber : situsbudaya.id)

Istana Sekala Brak merupakan sebuah situs bersejarah yang menjadi bukti keberadaan Suku Tumi, suku pertama yang mendiami Lampung. Diperkirakan, bangunan istana yang berdiri di lereng Gunung Persagi, Belalau, Lampung ini telah ada sekitar abad ke-3 Masehi.

Nama atau penyebutan Istana Sekala Brak ini pun terdiri dari beragam versi. Ada yang menyebutnya Sekala Beghak, Sakala Bhra, Segara Brak, hingga Skala Brak.

Selain bangunan istana, di sekitar lereng Gunung Persagi juga banyak ditemukan sisa-sisa peninggalan bersejarah yang membuktikan eksistensi Suku Tumi. Di antaranya seperti bekas telapak kaki, batu-batu, altar untuk upacara, hingga tempat untuk eksekusi mati.

4. Taman Purbakala Pugung Raharjo

Taman Purbakala Pugung Raharjo
Taman Purbakala Pugung Raharjo (sumber: ksmtour.com)

Taman Purbakala Pugung Raharjo ini terletak di Desa Pugung Raharjo, Kecapaman Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur.

Di situs arkeologi seluas 30 hektare ini, terdapat beragam peninggalan kerajaan Hindu dan Buddha seperti Punden Berundak, Prasasti, Arca, Altar Batu, Batu Berlubang, Dolmen, hingga Benteng Parif Primitif sepanjang 1,2 kilometer.

Untuk menuju ke sana, kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 52 kilometer ke arah Timur dari Kota Bandar Lampung.

Meski perjalanan menuju Taman Purbakala Pugung Raharjo memerlukan waktu yang cukup lama, kamu tidak perlu khawatir karena disepanjang perjalanan kamu akan disuguhi dengan deretan kebun karet karet yang asri dan menyejukkan mata.

Nah, itulah beberapa tempat wisata bersejarah di Lampung yang bisa menjadi pilihan destinasi wisata menarik jika Anda berkunjung ke Lampung. Bagaimana, sudah memiliki rencana untuk berlibur ke Lampung?

Apabila ingin mendapatkan tiket pesawat murah ke Lampung kunjungi saja website Airy atau aplikasi Airy untuk melihat beragam promo dan diskon menarik. Semoga bermanfaat dan selamat merencanakan liburan!

Rekomendasi

Mungkin Anda Suka

Jet Ski Safari Hadir di Makassar, Siap Kembangkan Potensi Bahari dan Olahraga Air

Desa Datara Jeneponto Menuju Nominator Desa Wisata Nusantara

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar