Pasca Bencana, Dinsos Luwu Utara Lakukan Dukungan Psikososial

Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Sosial (Dinsos) terus melakukan upaya pemulihan psikososial melalui kegiatan Layanan Dukungan Psikososial (LDP)/ ist

Terkini.id, Masamba – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Sosial (Dinsos) terus melakukan upaya pemulihan psikososial melalui kegiatan Layanan Dukungan Psikososial (LDP).

Program ini adalah sebuah layanan yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan psikososial, baik perorangan maupun masyarakat, agar tetap berfungsi optimal pasca bencana.

Dukungan psikososial kepada warga terdampak menjadi penting. Mengingat korban bencana biasanya kehilangan motivasi, atau bahkan mengalami trauma berkepanjangan.

Scroll ke Bawah untuk melanjutkan

Di sinilah dibutuhkan dukungan psikososial, perpaduan antara aspek psikologis dan sosial, untuk meningkatkan motivasi agar tetap kuat dan optimistis melanjutkan hidup yang lebih baik.

Dinas Sosial Luwu Utara menangkap pesan betapa pentingnya layanan dukungan psikososial ini terus dilakukan.

Terpantau di laman resmi Pemkab Luwu Utara, warga yang terdampak bencana, khususnya para pengungsi anak-anak yang ada di Kampal kelurahan Kappuna kecamatan Masamba terus mendapatkan layanan dukungan psikososial, Jumat 31 Juli 2020 kemarin.

Usai melaksanakan salat Idul Adha, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhajir Effendi, berkesempatan meninjau lokasi pengungsi di Kampal dan melihat kegiatan LDP di sana.

Menteri Muhajir turut didampingi Bupati Indah Putri Indriani dan Wagub Sulsel. Di sela-sela kunjungannya, Muhajir turut berbagai masker gratis yang dia bawa langsung dari Jakarta.

Peserta LDP yang sebagian besar adalah anak-anak korban bencana terlihat bahagia dan begitu riang didatangi sang Menteri.

Menteri Muhajir bersama pejabat lainnya langsung disambut dengan salam “tepuk rumahku”.

Yang menarik, Wagub Sulsel langsung memperkenalkan sang Menteri.

“Ini ada tamu kita, pak Menteri loh yang datang,” kata Wagub tersenyum.

Sementara itu, Bupati Indah Putri Indriani mengapresiasi kegiatan LDP sebagai sebuah kegiatan untuk memulihkan traumatik para pengungsi dengan berbagai kegiatan positif.

“Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memulihkan trauma anak-anak korban bencana, seperti belajar Iqra, main bola, hula hoop, lompat tali dan mewarnai,” kata Indah Putri Indriani.

Dari Kampal, rombongan Menko PMK, Wagub dan Bupati langsung menuju Petambua di desa Radda kecamatan Baebunta untuk meninjau lokasi dan kondisi pengungsi di sana.

Menko PMK juga disambut hangat para pengungsi. Di lokasi tersebut, Menko PMK Muhajir Effendi dan rombongan juga melihat progress pembangunan hunian sementara

Rekomendasi

Mungkin Anda Suka

Jembatan Penghubung Lima Desa di Luwu Utara Mulai Dibangun

Meski Armada Terbatas, Pemkab Lutra Terus Kerja Ekstra Angkut Sampah Banjir

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar