Direktur Polbangtan Gowa: Penerapan Teknologi Pendidikan, Selain Menguntungkan Juga Membantu di Masa Pandemi

Direktur Polbangtan Gowa Membuka Kegiatan Persiapan Perkuliahan

Perkembangan dan ketergantungan akan teknologi merupakan sesuatu yang sulit dihindari dan sangat sulit dipisahkan pada era serba digital. Hal ini berdampak pada sistem pendidikan terutama di pendidikan tinggi Indonesia. Perguruan tinggi di Indonesia mulai mererapkan sistem berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam lingkungan kampus. Didorong dari seluruh civitas akademik di perguruan tinggi yang mengharapkan kenyamanan sehingga pentingnya peranan teknologi berbasis IT.

Di era serba digital ini, Politeknik Pembanguunan Pertanian (Polbangtan) Gowa, melaksanakan Kegiatan Persiapan Pembelajaran Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021 dan Strategi Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi Smart Campus. Selasa, (15/09).

Direktur Polbangtan Gowa, dalam arahannya menyampaikan bahwa Smart Campus hadir akibat sistem yang menggunakan teknologi dan internet sebagai perantaranya. Smart Campus diharapkan menjadi aplikasi kampus yang dapat mencerdaskan mahasiswa dengan sistem yang dikelola oleh IT. 

Scroll ke Bawah untuk melanjutkan

Menerapkan smart campus pada lembaga pendidikan membuat semua elemen kampus menjadi saling terhubung satu sama lain mulai dari dosen, calon dosen PLP dan calon PLP, pegawai, mahasiswa dan bagian lain dalam lingkungan kampus. Aplikasi smart campus adalah untuk memadukan, mengkombinasikan, menggabungkan dan mengimplementasikan proses belajar mengajar dengan menggunakan teknologi informasi.

Kegiatan diikuti dosen, calon dosen, PLP dan Calon PLP  sorta tenaga teknis Polbangtan Gowa. Workshop ini dilaksanakan selama 3 hari dimulai Tgl 15 s.d 17 September  bertempat di Hotel Arthama Makassar. Rapat persiapan perkuliahan untuk semester ganjil T.A 2020/2021, sebagai acara pembuka.

Dr. Mufidah, SP., M.Si, dalam laporannya sebagai ketua panitia menyampaikan bahwa peserta yang ikut sebanyak 105 orang. Tujuan dari workshop ini adalah mempersiapkan kegiatan perkuliahan semester ganjil dan penyegaran kembali penggunaan aplikasi smart campus dalam proses perkuliahan.

Sebelumnya Syaifuddin menyampaikan pesan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menjaga kesehatan, mengadakan pelatihan/TOT bagi TNI dalam mrndukung program Kementan dan peningkatan prodüksiyon tanıman diharapkan minimal 7 ton/Ha.

Empat hal juga disampaikan Syaifuddin bagi pemimpin yang selayaknya memiliki Self mastering, penguasan diri, kepemimpinan strategis untuk mencapai tujuan visi dan misi dan aktualisasi atau perubahan kearah yang lebih baik.

Dr. Ir. Syaifuddin, MP selaku Direktur Polbangtan Gowa dalam arahannya mengatakan minimal 3 hal dalam setiap kegiatan yakni persiapan, pelaksanaan dan monev. Termasuk menyiapkan proses pembelajaran bagi mahasiswa Polbangtan Gowa dalam mencetak Job creator dan Job seeker. Peningkatan kegiatan kewirausahaan dengan melibatkan dunia usaha dan dunia industri baik dibidang pertanian maupun peternakan.

Dengan adanya sistem smart campus akan mengurangi kesalahan dalam mengerjakan pekerjaan. Tentu juga akan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan oleh kampus. Disamping itu tujuannya juga untuk memudahkan proses pembelajaran menggunakan teknologi informasi. Menerapkan teknologi informasi dengan smart campus memiliki banyak keuntungan diantaranya memudahkan proses belajar mengajar dan juga dalam hal managemen kampus dan kegiatan mahasiswa” apalagi dimasa Pandemi ini, ungkapnya. (MUZ).

Rekomendasi

Mungkin Anda Suka

UIM dan UNASMAN Sepakat Kerjasama Kampus Merdeka

Pemprov Bangun Sinergitas dengan Lembaga Pendidikan di Sulawesi Selatan, Salah-satunya Polbangtan Gowa

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar