Petani dan mahasiswa Polbangtan Gowa tanam jajar legowo di Kabupaten Pangkep

Mahasiswa Polbangtan Gowa tanam jajar legowo di Kabupaten Pangkep

Karena banyaknya manfaat dari sistem tanam jajar legowo, mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa yang terlibat dalam kegiatan PKL II yang bersinergi dengan pendampingan diajak serta untuk ikut dalam kegiatan penanaman sistem tanam jajar legowo 2 : 1 bersama koordinator penyuluh Hj. Mariana, SP, POPT PHP dan PPL di lahan kelompok tani borong-borong, Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Minasate’ne, Kabupaten Pangkep.

PPL Kecamatan Minasate’ne, H. Manrampasi mengatakan meskipun lahan sawah masih menggunakan pompanisasi (sumur buatan) tetapi tidak mengurangi semangat mahasiswa Polbangtan Gowa dalam melaksanakan tanam jajar legowo bersama petani setempat. Senada dengan itu, Indah mahasiswa peserta PKL II berharap semoga ini akan menambah wawasan dan pola pikir kita sebagai mahasiswa dengan perpaduan teori dan praktek.

Banyak pengalaman yang kami dapatkan selama melaksanakan PKL disini, PPL disini aktif memberikan kami pemahaman tentang dunia lapangan, bagaimana meningkatkan produktifitas dan bagaimana melayani para petani.

Menarik untuk Anda:

Seperti halnya kegiatan pagi ini, dihadapan petani dan kami mahasiswa, PPL menjelaskan bahwa sistem tanam jajar legowo merupakan suatu upaya memanipulasi lokasi pertanaman sehingga pertanaman akan memiliki jumlah tanaman pinggir yang lebih banyak dengan adanya barisan kosong.

Selain itu, dengan sistem ini bertujuan untuk memanfaatkan radiasi surya bagi tanaman pinggir, tanaman relatif aman dari serangan tikus karena lahan lebih terbuka, menekan serangan penyakit karena rendahnya kelembaban dibandingkan dengan cara tanam biasa, populasi tanaman bertambah 30%, pemupukan lebih efisien, pengendalian hama penyakit dan gulma lebih mudah dilakukan dari pada cara tanam biasa, jelas Indah.(IND/MUZ).

Rekomendasi

Mungkin Anda Suka

LPM Profesi UNM Gelar Webinar Hari Guru Nasional, Berikut Jadwalnya

Gelar Seminar, Mahasiswa KKN-DK UINAM di Bulukumba Beri Edukasi Politik ke Warga

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar