Bina Karakter Siswa, SDIT Insantama Makassar Gelar ‘Kepompong Ramadhan’ Lewat Online

SDIT Insantama
Bina Karakter Siswa, SDIT Insantama Makassar Gelar 'Kepompong Ramadhan' Lewat Online

Terkini.id, Makassar – Ramadhan bulan mulia sejatinya dimanfaatkan untuk membina diri dan meraih berkah, meski di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Karena itu, SDIT Insantama tetap menggelar kegiatan “Kepompong Ramadhan” seperti tahun-tahun sebelumnya, meski diadakan jarak jauh secara online.

Kepala SDIT Insantama Makassar, Asriyani mengatakan, kegiatan Kepompong Ramadhan 1441 H dimulai sejak 27 April hingga 15 Mei 2020 mendatang.

Menarik untuk Anda:

“Serangkaian kegiatan digelar, mulai dari materi fiqh puasa, literasi buku, kultum/tausiyah, membuat takjil, menghitung dan menyalurkan infaq, membuat poster dan video lebaran, dan kegiatan untuk pembinaan karakter siswa,” katanya.

Diberi nama “Kepompong Ramadhan” karena bulan tarbiyah, sebuah fasilitas “waktu untuk berkepompong”.

“Dalam 11 bulan, manusia laksana ulat yang rakus, berbentuk menjijikan, orientasinya makan, makan apa hari ini, makan apa besok, makan siang dimana hari ini, nanti makan malam dengan siapa, mirip dengan ulat yang terus saja makan,” ujarnya.

“Saatnya berubah menjadi kepompong dengan berpuasa, berdiam diri dalam fase tertentu, mengikuti proses metamorfosis. Dengan mencontoh Rasul dan para shalihin, maka kelak kita akan berubah-bermetamorfosis- menjadi bentuk “kupu-kupu” yang cantik, indah, nan menawan,” sambungnya.

Dalam pembukaan Kepompong Ramadhan, Senin, 27 April 2020, siswa SDIT Insantama tampak sangat antusias.

Melalui aplikasi Zoom, mereka mengikuti tausiah, nasyid, senandung sholawat dan kisah sahabat, meskipun dari rumah masing-masing.

Rekomendasi

Mungkin Anda Suka

Forum OSIS Sulsel Apresiasi Kepala SMKN 9 Jeneponto Bantu Siswa Korban Kebakaran

Pandemi Covid-19 Tak Halangi SD Islam Athirah Makassar Gelar Kegiatan Field Trip

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar