Maksimalkan Informasi Kegiatan Sekolah, SMP Islam Athirah 1 Makassar Lakukan Ini

Selama pandemi segala kegiatan dan proses pembelajaran di SMP Islam Athirah 1 Makassar dilaksanakan secara daring.

Terkini.id, Makassar – Selama pandemi segala kegiatan dan proses pembelajaran di SMP Islam Athirah 1 Makassar dilaksanakan secara daring.

Pemanfaatan media sosial dan web sekolah dimaksimalkan, agar para orang tua dan masyarakat umum mendapatkan informasi kegiatan sekolah secara maksimal.

Sekolah Islam Athirah menggelar pelatihan jurnalistik selama dua hari untuk tim web unit sekolah melalui konferensi meet, Kamis, 17 September 2020. Tim web SMP Islam Athirah 1 Makassar turut hadir dalam pelatihan tersebut.

Menarik untuk Anda:

Tim tersebut ingin memperdalam ilmu kepenulisan agar berita terkait informasi kegiatan sekolah dapat diberitakan secara lebih profesional.

Jurnalis Makassar Fachri Djaman, ST selaku pemateri mengatakan bahwa ada empat kunci penting agar naskah berita benar dan menarik. Empat kunci tersebut dipaparkan secara jelas dan lugas.

“Untuk segi kepenulisan harus memenuhi 5W1H. Untuk empat kunci agar berita tersebut menarik untuk pembacanya yaitu informatif, inspiratif, edukatif serta empatik” ujarnya.

Pemberian materi ini berlangsung selama kurang lebih 3 Jam. Dalam pelatihan tersebut para peserta tidak hanya mendapatkan materi.

Selain itu pelatihan tersebut disertai dengan praktek secara langsung. Sehingga para partisipan dapat memahami titik kesalahan dalam pembuatan berita.

Materi yang paling menarik perhatian adalah materi terkait judul potensi viral. Fachri Djaman yang akrab dipanggil OM Jurnalis memaparkan beberapa judul berita yang memiliki potensi viral.

Ia mengatakan, dari judul yang menarik akan menumbuhkan rasa penasaran untuk membaca berita tersebut.

Kepala Departemen Hubungan Masyarakat Sekolah Islam Athirah Mutmainnah, M.Pd menegaskan pelatihan ini harus dioptimalkan. Ilmu yang didapatkan harus lansgung diaplikasikan.

“Ilmu dari pelatihan ini harus diaplikasikan. Belajar terus menerus dan berdiskusi serta berkonsultasi agar ilmunya ter-update,” tegasnya.

Di akhir kegiatan setiap tim web diminta untuk merilis berita terkait pelatihan hari ini. Berita yang dirilis nantinya akan melalui tahap seleksi sebelum dikirim ke media.

Citizen Reporter : Musyorafah (TIM Web SMP Islam Athirah 1)

Rekomendasi

Mungkin Anda Suka

Forum OSIS Sulsel Apresiasi Kepala SMKN 9 Jeneponto Bantu Siswa Korban Kebakaran

Pandemi Covid-19 Tak Halangi SD Islam Athirah Makassar Gelar Kegiatan Field Trip

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar