Ahok Tuding Direksi Pertamina Hobi Lobi Menteri, Erick Thohir Angkat Bicara

Komisaris Utama Pertamina Ahok dan Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Kumparan)

Terkini.id, Jakarta – Menteri BUMN Erick Thohir angkat bicara terkait tudingan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang menyebut Direksi PT Pertamina (Persero) hobi melobi menteri.

Erick pun dengan tegas membantah sebutan lobi tersebut. Menurutnya, yang dilakukan direksi Pertamina hanyalah bentuk pembicaraan dalam rapat dengan menteri.

“Lho, kalau saya kan hubungan direksi, komisaris, dengan menteri kan hal yang biasa saya rasa. Kalau dibilang lobi-lobi, semua itu pembicaraan, rapat, bukan lobi. Sesuatu yang biasa,” tegas Erick di Jakarta, Selasa 22 September 2020 seperti dikutip dari detikcom.

Menarik untuk Anda:

Direksi dan komisaris BUMN, kata Erick, memang harus dekat dengan menteri-menteri. Pasalnya, jika tidak maka kerja sama tim tak berjalan efektif.

“Komisaris, direksi harus dekat dengan menterinya. Kalau nggak nanti yang kita mau teamwork jadi nggak jalan,” ujarnya.

Erick pun mengatakan bahwa pembicaraan semacam itu sudah dilakukannya, seperti ketika ia menggelar pertemuan dengan para direksi BUMN pekan lalu untuk membahas transformasi, demi menciptakan BUMN yang efisien, kompetitif, dan transparan.

“Karena itu kan saya ngasih arahan pada saat ketemu seluruh direksi, mengenai yang transformasi BUMN yang sudah ada di Instagram saya,” ujar Erick Thohir.

Sebelumnya, Ahok buka-bukaan soal aib manajemen Pertamina pada 15 September 2020 lalu, salah satunya terkait direksi yang menurutnya hobi lobi menteri.

“Dia ganti direktur pun bisa tanpa kasih tahu saya, saya sempat marah-marah juga, jadi direksi-direksi semua mainnya lobinya ke menteri karena yang menentukan menteri. Komisaris pun rata-rata titipan kementerian-kementerian,” ungkap Ahok lewat akun YouTube POIN.

Ia pun mengaku memiliki cara untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya dengan lelang terbuka.

“Saya potong jalur birokrasi, Pertamina itu dulu naik pangkat mesti pakai kayak pangkat, Pertamina reference level orang mesti kerja sampai SVP bisa 20 tahun ke atas saya potong semua mesti lelang terbuka,” ujar Ahok.

Rekomendasi

Mungkin Anda Suka

Warga Makassar Senang Rahman Bando Dampingi Appi karena Pengalaman Birokrat

Pernah Menangkan NA di Pilgub, Kini Komunitas Sahabat2NA APPI Dukung Appi-Rahman

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar