Sudah Diancam Kena Hukuman Mati, Rupanya 70 Persen Rakyat Korut Menonton Drakor

Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un (foto: Pixabay.com)

Terkini.id, Pyongyang – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un sebelumnya disebut menyampaikan aturan yang melarang keras warganya menonton drama korea.

Belakangan, diketahui ada sekitar 70 persen rakyatnya melanggar aturan utama tersebut. 

Mereka menonton berbagai budaya Korea Selatan (Korsel), dari drama Korea (drakor), hingga musik pop Korea (K-pop).

Menarik untuk Anda:

Sekadar diketahui, Rezim Kim selama ini melarang warga Korut menonton produk-produk budaya negara tetangganya dengan alasan menjauhkan mereka dari budaya pergaulan bebas.

Menurut laporan Radio Free Asia (RFA), rezim Kim Jong-un mengancam memberlakukan hukuman brutal setelah seorang pejabat senior pemerintah Pyongy ang mengungkapkan 70 persen dari 25 juta penduduk di negara tersebut menonton program televisi dan film dari Korea Selatan. 

Musik pop negara tetangga juga tak luput diakses.

Serangkaian video menunjukkan orang-orang dihukum karena meniru kata-kata dan ungkapan Korea Selatan yang populer. Video itu beredar luas pada 3 dan 4 Juli dan telah dilihat oleh sumber RFA.

Sumber tersebut menyebutkan, seorang penduduk Chongjin, provinsi Hamgyong Utara, mengatakan; “Menurut pembicara dalam video itu, 70 persen penduduk di seluruh negeri menonton film dan drama Korea Selatan.”

“Pembicara berkata dengan cemas bahwa budaya nasional kita sedang memudar,” ujarnya. 

“Dalam video tersebut, seorang pejabat dari Komite Sentral Partai Buruh Korea membahas upaya untuk menghilangkan kata-kata Korea Selatan, dan contoh-contoh bagaimana mereka yang menggunakannya dihukum,” katanya, seperti dikutip Express.co.uk, Senin 27 Juli 2020.

Rangkaian video yang beredar itu termasuk cuplikan orang yang ditangkap dan diinterogasi oleh polisi.

“Lusinan pria dan wanita dicukur kepalanya dan mereka dibelenggu ketika penyelidik menginterogasi mereka,” kata sumber tersebut.

Pemerintah Kim Jong-un belum berkomentar atas bocornya video yang mengungkap mayoritas warga Korea Utara menonton drakor.

Rekomendasi

Mungkin Anda Suka

Menlu AS Mik Pompoeo Dukung Trump Tolak Kemenangan Biden dalam Pilpres

Presiden Berhentikan Menteri Mark Esper, Ini Penggantinya

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar