Pasien Covid-19 Sulsel Bertambah 54, Masjid Al-Markaz Gelar Salat Jumat Hari Ini

PMI Makassar melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Al-Markaz. (Foto: Ist)

Terkini.id, Makassar – Penyebaran virus covid-19 mengalami masih terus mengalami peningkatan signifikan di Sulawesi Selatan.

Di sisi lain, terlihat mal-mal mulai beroperasi bersama sejumlah masjid. Termasuk masjid Al-Markaz yang mulai menjalankan ibadah Salat Jumat berjamaah mulai hari ini.

Hingga Kamis 4 Juni 2020, pemerintah merilis angka penularan covid-19 di Sulawesi Selatan sudah mencapai angka 1722 positif.

Scroll ke Bawah untuk melanjutkan

Tercatat, ada penambahan sebanyak 54 pasien baru selama Kamis 4 Juni kemarin.

Sementara, total jumlah pasien yang sembuh mencapai 639 orang, dan jumlah meninggal mencapai 79 orang.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Graha BNPB Jakarta pada Kamis 4 Juni 2020, menyampaikan informasi tersebut.

Secara nasional, jumlah kasus juga masih bertambah sejak kasus pasien pertama terinfeksi virus corona diumumkan pada 2 Maret 2020.

Jumlah kasus positif dikonfirmasi berdasarkan pemeriksaan dengan metode polymerase chain reaction (PCR).

Masjid Almarkaz Gelar Salat Jumat

Meski dengan data pertumbuhan angka covid yang masih tinggi, sejumlah masjid di Kota Makassar mulai kembali menjalankan salat Jumat berjemaah.

Tentunya, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan seperti jaga jarak dan bawa sajadah sendiri ke masjid.

Masjid terbesar di Makassar, Masjid Al Markaz Al Islami misalnya yang menggelar salat Jumat berjamaah setelah lebih 3 bulan ditiadakan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Salat Jumat berjemaah digelar dengan syarat penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Ketua Umum Yayasan Islamic Center (YIC) Al Markaz Al Islami, Basri Hasanuddin mengungkapkan keputusan mengaktifkan kembali salat berjemaah disepakati dalam rapat bersama pengurus YIC Al Markaz Al Islami, badan pengurus, dan badan takmir, Kamis 4 Juni 2020 kemarin.

“Setelah melakukan kajian dengan mempertimbangkan banyak hal, termasuk Surat Edaran Dewan Masjid Indonesia dan juga koordinasi dengan Gugus Penanganan COVID-19 Sulsel, maka diputuskan mulai Jumat besok, Masjid Al-Markaz kembali memfasilitasi jemaah melakukan salat Jumat, tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat,” ujarnya.

Rekomendasi

Mungkin Anda Suka

Tak Terima Dibubarkan Aparat, Bandar Sabung Ayam Ancam Tikam Polisi

Dituding Cari Sensasi, Mempelai Mahar Sandal Jepit: Saya Tak Punya Niat Viral

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar