Trending Tagar 'SBY Penuh Drama', Ini Fakta Terkait SBY Punya Anak Sebelum Nikahi Ani

Terkini.id, Jakarta – Rumor terkait Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) punya istri dan dua anak sebelum Ani Yudhoyono mencuat bersama trending-nya tagar “SBY Penuh Drama” di twitter pada Kamis, 18 Februari 2021. Namun, sebenarnya rumor ini telah ada sejak dulu dan kembali mencuat beberapa kali.

Rumor ini pertama kali muncul pada tahun 2004 ketika SBY maju dalam Pemilihan Presiden.

Namun, puncak dari rumor ini yaitu pada tahun 2007 ketika tudingan tersebut dikeluarkan oleh Zaenal Ma’arif, Wakil Ketua DPR saat itu.

Saat itu, SBY pun memutuskan untuk memberikan klarifikasi kepada wartawan sebelum memimpin rapat kabinet terbatas di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali tahun 2007.

Klarifikasi yang diberikan oleh SBY didampingi didampingi Juru Bicara Kepresidenan, Andi Mallarangeng saat itu cukup panjang, namun berikut inti dari klarifikasi tersebut.

"Berita yang disampaikan bahwa SBY sudah menikah sebelum masuk ke akademi Abri atau AKABRI, bahkan disebutkan dari satu dua sumber, sudah punya anak dua, ini persis black campaign atau berita bohong saat Pemilu Presiden 2004. Ini diangkat kembali dan yang mengangkat adalah seseorang yang mestinya memiliki standing, yang memiliki posisi, yang terhormat," ujar SBY pada Jumat, 27 juli 2007 dilansir dari detiknews.

SBY menjelaskan bahwa salah satu persyaratan untuk masuk Akbri adalah belum pernah menikah, maka aka nada sanksi tegas bagi yang melanggar.

"Syarat untuk masuk taruna Akabri, jelas belum pernah menikah. Belum pernah kawin. Apalagi punya anak. Kalau ada seorang taruna yang kedapatan setelah menjadi taruna Akabri telah menikah, apalagi punya anak, pasti keluar. Dipecat atau dikeluarkan. Sampai sekarang pun begitu," kata dia.

Bukan hanya pada saat itu, ketika SBY sudah tidak menjabat sebagai presiden, rumor tentang dirinya yang memiliki istri dan anak sebelum Ani pun juga kembali berhembus pada tahun 2019.

Saat itu pun, Ferdinand Hutahaean yang ketika itu masih menjadi politikus demokrat juga memberi klarifikasi.

Ferdinand Hutahaean ketika itu mengunggah sebuah foto di akun instagramnya @ferdinand_hutahaean yang memperlihatkan almarhumah Ani Yudhoyono bersama tiga anak lalu memberikan penjelasan bahwa informasi terkait foto tersebut adalah hoaks.

“Di beberapa akun media sosial, muncul fitnah terhadap SBY dengan menampilkan foto. Dan foto ini dibuat sebagai pembenaran. Dikasih caption nama Dinda dan Devi. Ini fitnah besar,” tulis Ferdinand Hutahaean pada Kamis, 13 Juni 2019.

Ferdinand lalu menjelaskan bahwa dua anak kecil yang ada di foto tersebut adalah Purwamdani dan Novita Wibowo yang merupakan putri dari kakak ibunda Ani Yudhoyono.

“Kalau ada yang mau ketemu atau kenal, bisa kami atur dan komunikasikan untuk membuktikan itu fitnah. Hati-hati fitnah bisa masuk penjara,” tegas Ferdinand.

Sumber: Makassar Terkini