Ratusan Peserta Antusias Ikuti Penanaman Pohon di Peringatan Hari Bakti Rimbawan Ke-38

Terkini.id, Sigi - Sebagai puncak peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-38 Dinas Kehutanan Sulawesi Tengah bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi melaksanakan kegiatan penanaman pohon di lokasi Wisata Bukit Asam, Desa Sibedi Kecamatan Morowala Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah. Sabtu, 13 Maret 2021.

Acara yang dimulai pada  pukul 08.00-11.00 wita tersebut tetap menerapkan Protokol Kesesatan covid-19, dihadiri Kepala Dinas Kehutanan Sulawesi Tengah bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi dalam hal ini diwakili oleh Wakil Bupati Sigi.

Peringatan tahun ini mengangkat tema ‘Terus Berbakti di Tengah Pandemi Untuk Lingkungan dan Hutan Lestari’. Hadir puluhan perwakilan berbagai instansi, diantaranya dari Seksi Wilayah II Palu Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Sulawesi, Dinas Kehutanan, Kepolisian, Militer, Pemerintah Daerah, pelajar dan Mahasiswa begitu antusias mengikuti acara penanaman pohon.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah, Dr Ir. H. Nahardi, MM.,IPU menerangkan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk dukungan terhadap program penghijauan di Kabupaten Sigi sekaligus mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendukung Indonesia Hijau.

Selanjutnya Wakil Bupati Kabupaten Sigi, Dr. Samuel Yansen Pongi, SE.,M.Si menyampaikan sambutan sekaligus menandatangani MOU kerja sama dengan Kepala Desa Sibedi untuk bersama-sama berkomitmen menjaga dan mengawal proses penenaman dan perawatan pohon yang ditanam di kawasan wisata Bukit Asam Desa Sibedi.

“Beberapa program kehutanan telah digalakkan di masa jabatan pemerintahan sebelumnya hingga pemerintahan sekarang ini, seperti program sejuta pohon dan program penanaman bambu di bantaran sungai di wilayah Kabupaten Sigi,” sebut Wakil Bupati.

Sebagai orang nomor dua di Kabupaten Sigi, Samuel Yansen Pongi juga berharap kedepannya adanya sinergi dengan instansi kehutanan untuk mendukung program tersebut.  

Saat dikonfirmasi, Subagyo, SH Kepala Seksi II Palu-Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Sulawesi yang hadir melakukan penanaman pohon berharap acara ini bukan hanya seremonial saja, yang dilaksanakan pada waktu-waktu tertentu saja, tetapi sebagai momentum awal bahwa untuk menanam merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari dan dimana saja.

“Menanam pohon penting tapi itu nilainya hanya 10% dari keberhasilan suatu penanaman, justru yang paling penting adalah pemeliharaan nilainya 90% dari keberhasilan kegiatan menanam pohon ini,” ungkap Subagyo kepada media.

Selanjutnya ia menerangkan ada sekitar ratusan bibit pohon terdiri dari tanaman produktif atau buah-buahan dan tanaman jenis kayu-kayuan.

“Pemilihan lokasi ini sebab Sigi merupakan salah satu daerah yang paling rawan bencana di Provinsi Sulawesi Tengah,” pungkas Kepala Seksi II Palu Balai Gakkum Sulawesi ini.

Sesi doa bersama dan penanaman pohon mengakhiri rangkaian peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-38.