Gibran Ke Mana-mana Pakai Innova Berisi Beras, Netizen: Buah Jatuh Tak Jauh dari Pohonnya

Terkini.id, Jakarta - Gibran Rakabuing mendapat apresiasi sejumlah netizen karena aksinya yang tidak jauh berbeda dengan ayahnya, Joko Widodo.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka disebutkan lebih memilih menggunakan Toyota Kijang Innova dibanding Toyota Camry sebagai mobil dinas. 

Mobil berwarna putih berpelat merah AD 1 A tersebut sebelumnya digunakan oleh wali kota sebelumnya FX Hadi Rudyatmo.

Gibran langsung menggunakan mobil itu seusai dilantik menjadi orang nomor satu di Kota Solo, Jumat 26 Februari 2021 lalu. Sebelum dilantik, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menggunakan mobil Toyota Pajero Sport warna putih untuk aktivitas sehari-hari.

Gibran sendiri punya alasan mengapa menggunakan kendaraan jenis Kijang. Salah satunya adalah agar bisa digunakan untuk memuat beras dan sembako lebih banyak.

"Buat dodolan (jualan beras) no mas," kelakar Gibran dikutip dari merdekacom.

"Enggak, mobilnya itu kursinya tak copot. Terus saya isi beras," sambung Gibran.

Gibran mengklaim selalu membawa sembako di jok belakang mobil dinasnya. Bingkisan sembako itu diberikan pada warga saat berangkat maupun sepulang dari kantor.

"Kalau berangkat kantor, pulang kantor lihat tukang becak, mbah-mbah saya mandek (berhenti) sebentar. Saya bagi satu-satu. Ya kalau pulang atau berangkat kerja saja," katanya.

Meski demikian dia enggan menyebut jumlah kilogram beras yang dibagikan untuk setiap orangnya.

"Ya ada lah, tidak usah disebut," ucap suami Selvi Ananda itu.

Kebiasaan seperti Ayahnya

Sejumlah netizen di media sosial mengapresiasi kebiasaan yang dibangun Gibran tersebut.

"Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka ternyata mempunyai kebiasaan seperti ayahnya. Salah satunya rutin membawa beras setiap hari di mobil dinasnya.

Begitu pun dalam menggunakan mobil untuk kesehariannya, Gibran tidak memilih yang mewah, tapi sama seperti ayahnya yang memilih mobil biasa sebagai kendaraan dinasnya, dan tak segan pula digunakan untuk membawa barang yang tak umum," tulis wahyu Sutono.

"Buah Jatuh, Tak Jauh Dari Pohonnya," tambahnya lagi.

"Like father Like son," tulis Muhanto Hatta.