Ibadah Masuk 3 Wajib Hindari Covid ala Satgas, Ade Armando Protes

Terkini.id, Jakarta - Ade Armando, pakar komunikasi mengritik soal '3 Wajib Menghindari Covid' dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Indonesia.

Seperti dilihat dalam gambar yang diunggah Ade Armando, dikatakan bahwa 3 wajib hindari Covid yaitu 'Iman, Aman, dan Imun.'

Pada poin imun dikatakan 'wajib menjalankan ibadah sesuai agama.'

Ade Armando pun mempertanyakan hubungan antara menghindari Covid-19 dengan menjalankan ibadah.

"Kok menghindari Covid dengan menjalankan ibadah," cuit @adearmando1 pada Kamis, 8 April 2021.

Cuitan Ade Armando mengundang pro dan kontra dari warganet.

Sebagian juga turut mempertanyakan mengapa poin ibadah masuk ke dalam urusan menghindari Covid-19 tersebut.

"Kok aneh yah, bang Armando. Mungkin takut dibilang nggak beriman kali, jadi akhirnya pesan yang disampaikan nggak tepat dan tumpang tindih," komentar @ancana11.

"Kalo 3 wajib itu harus diterapkan untuk menghindari covid, berarti semua atheis di dunia ini sudah terjangkit. Apalagi si 'iman' sebagai syarat tertinggi," kata @vonBelle.

"Rizieq Shihab pernah terjakit Covid. Apa mungkin sekelas cucu Nabi itu kurang menjalankan Ibadahnya? Saya punya beberapa kenalan yang cukup skeptis terhadap kepercayaan, buat mereka Logika adalah keutamaan. Belum ada 1 pun dari mereka yang terjangkit covid," kata @Dyananjani89.

Namun ada pula yang tidak sepakat dengan Ade Armando dengan alasan bahwa usaha menghindari Covid-19 juga bisa dilakukan melalui doa.

"Ya iyalah. Saat beribadah ya berdoa, minta dikabulkan supaya tidak kena covid. Nggak pernah doa ya Bang?" kata @ridwan_har.

"Ya kalo percaya adanya tuhan diam aja kenapa. Iman kan percaya. Misalkan saya percaya kalo corona bisa hilang atas kehendak tuhan, apa salah? Anda ini pintar tapi salah penempatan," balas @RaditCustom.

Sebagai catatan, dalam anjuran satgas tersebut, pada poin aman disebutkan soal protokol kesehatan sehari-hari seperti pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan, dan cuci tangan.

Sementara pada poin imun, disebutkan wajib olahraga, istirahat cukup, tidak panik, gembira, dan makan makanan bergizi.