Tren Ngaji Al-Quran Online, Belajar Membaca dan Memahaminya

Tren belajar Al-Quran online benar-benar sangat berguna bagi umat muslim. Ada berbagai macam metode yang cocok untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Pembelajar tidak harus datang ke TPQ atau bertatap muka dengan guru. Lewat internet, kegiatan belajar Al-Quran kini jadi jauh lebih fleksibel dan efisien.

Kendati demikian, Anda mesti tetap memperhatikan kualitas belajar alih-alih sekadar kuantitasnya. Tujuannya bukan cuma bisa, tetapi juga paham maknanya.

Lantas, bagaimana cara belajar Al-Quran online yang efektif untuk mencapai tujuan tersebut?

Cara Belajar Al-Quran Online untuk Semua Kalangan

Selain membaca Al-Quran, penting juga untuk memahami terjemahan dan tafsirnya. Dengan banyaknya referensi di internet, tentu ini akan lebih mudah. Berikut cara ngaji di rumah supaya hasilnya maksimal.

Mengikuti Kelas Virtual

Cara pertama adalah dengan ikut kelas belajar Al-Quran online. Ini sama seperti mendatangi pengajian di TPQ, hanya saja kegiatannya virtual.

Kelebihannya Anda bisa berinteraksi dengan pengajar sekaligus mendapat bimbingan langsung. Nantinya dia akan turut memantau perkembangan Anda.

Selain mendapat materi, di kelas virtual biasanya Anda juga mendapat tugas dan harus melewati ujian untuk bisa lulus.

Kelas virtual mengaji Al-Quran tersedia bagi anak-anak sampai orang dewasa. Biayanya berbeda-beda tergantung pihak penyelenggaranya.

Belajar dengan Aplikasi Interaktif

Tren belajar online ada banyak variasinya, seperti dengan aplikasi. Cara ini umumnya lebih disukai anak-anak dan cocok untuk pembelajaran mandiri.

Contohnya lewat game, kuis atau video interaktif. Orang dewasa juga bisa menggunakan cara ini untuk lebih mudah menangkap materinya.

Walaupun pengguna dapat berinteraksi, kekurangannya adalah tidak pengajar yang membimbing.

Jika penggunanya anak-anak maka orang tua harus mendampingi. Sementara bagi orang dewasa, metode ini sebaiknya cuma sebagai pendukung saja.

Saat ini banyak tersedia aplikasi interaktif belajar Al-Quran gratis maupun berbayar di internet

Mengikuti Video Panduan

Berbeda dengan sebelumnya, melalui video panduan Anda hanya perlu mengikuti instruksi pengajarnya.

Contohnya di YouTube, banyak sekali video panduan mengaji Al-Quran gratis mulai dari tingkatan paling bawah.

Pilihlah video yang memberi penjelasan secara rinci dan berurutan. Jika membahas cara membaca Al-Quran, berarti harus ada pengenalan huruf hijaiyah, tanda baca, cara baca, dan seterusnya.

Setelah menonton video Anda pun harus rajin latihan dan praktik membaca Al-Quran supaya cepat bisa.

Akan tetapi, bisa saja belum cukup karena Anda juga harus paham maknanya.

Manfaatkan Situs Web Al-Quran

Saat ini Al-Quran sudah tersedia dalam bentuk situs web. Bentuk ini sangat menolong dalam situasi yang tidak memungkinkan membawa buku kitabnya.

Baca Al-Quran di manapun dan kapanpun semudah menyentuh layar ponsel. Bukan cuma itu, kelebihan lainnya Anda dapat mengakses terjemahan serta tafsir setiap ayatnya.

Misalnya situs www.tafsirweb.com, yang selain menjadi medium untuk mengaji juga menyediakan tafsir semua ayat lengkap. Cukup ketuk nomor ayatnya lalu akan muncul tafsir dari sumber-sumber populer dan terpercaya.

Apakah sepenting itu? Ya, membaca dan memahami tafsir ayat akan semakin melengkapi pembelajaran Al-Quran Anda.

Harapannya selain mahir membaca, Anda juga mampu menerapkan ajaran-ajaran-Nya dalam kehidupan sehari-hari.

Niatkan Belajar dengan Sungguh-sungguh

Belajar ngaji lewat internet banyak sekali godaannya, terutama rasa malas. Hanya niat tulus dan ikhlas yang dapat melawannya.

Jangan cuma sering tetapi pastikan setiap sesi belajar selalu berkualitas. Dengan begitu insya Allah meski cuma punya sedikit waktu hasilnya pun tetap maksimal.

Akhirnya, jangan berhenti untuk belajar Al-Quran online karena ini termasuk kegiatan positif yang berpahala.