Tito Karnavian: FPI adalah Ormas Islam yang Sangat Toleran kepada Agama Lain

Terkini.id, Jakarta - Di media sosial kembali tersebar video lama Tito Karnavian yang menyebut bahwa Front Pembela Islam (FPI) adalah organisasi masyarakat (ormas) Islam yang sangat toleran kepada agama lain.

Video itu diunggah di Twitter oleh Regar_Oposisi pada Jumat, 30 April 2021 dan di-retweet oleh Fadli Zon, anggota DPR Fraksi Gerindra.

"Saya percaya apa yang disampaikan Pak Tito dalam rekaman video lama ini," kata Fadli Zon.

Ditelusuri Terkini.id di YouTube, video yang lebih lengkap pernah diunggah oleh kanal Riko Putra Al Hanafih pada 31 Desember 2016.

Dalam video itu, disebutkan bahwa Tito Karnavian masih menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.

Di awal video, Tito Karnavian juga sempat menyebutkan bahwa acara yang ia hadiri itu yakni Dialog Lintas Agama.

Orang yang kini menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) itu pun memuji FPI yang telah melakukan kegiatan lintas agama itu.

Menurutnya, kegiatan seperti itu akan melepas stigma yang selama ini ditanamkan bahwa FPI adalah ormas Islam yang radikal.

"Adanya kegiatan seperti ini jelas akan melepaskan stigma yang mungkin dilabel oleh media massa yang kemudian memengaruhi publik bahwa FPI adalah  organisasi massa yang radikal, yang militan, identik dengan kekerasan, dan seterusnya, dan seterusnya, Intoleran," katanya.

Tito Karnavian juga mengaku telah mengenal FPI maupun Rizieq Shihab sejak lama dan bersaksi bahwa ormas islam itu sangat toleran kepada agama lain.

"Tapi dalam kenyataannya, saya paham, kalau saya paham karena sudah lama dengan teman-teman FPI dan banyak bergaul termasuk berdiskusi banyak sekali dengan Imam Besar, paham pemikiran beliau," kata Tito Karnavian.

"Beliau sangat toleran sebetulnya dan itu mewarnai FPI. FPI adalah ormas yang sangat toleran kepada agama lain," tambahnya..