Tantang TNI, KKB Papua: Berapapun Kau Kirim Personel Kami Layani

Terkini.id, Jakarta - Sebuah video yang memperlihatkan sejumlah anggota Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua menantang aparat TNI-Polri, beredar di media sosial.

Video KKB Papua menantang aparat TNI-Polri itu dibagikan pengguna Instagram Gegana_id, seperti dilihat pada Sabtu 1 Mei 2021.

Dalam narasi unggahannya, netizen itu menyampaikan informasi bahwa pemerintah telah resmi menetapkan KKB Papua sebagai teroris.

"Pemerintah resmi melabeli kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua sebagai teroris," tulis Gegana_id.

Dilihat dari video tersebut, tampak sejumlah anggota KKB Papua berbicara di depan kamera sambil memegang senjata. Mereka terlihat berada di sebuah hutan.

Dalam video, tampak tiga orang dari mereka berdiri bersampingan dengan memakai seragam loreng-loreng.

Selanjutnya, salah satu di antara anggota KKB Papua itu mengatakan bahwa mereka tidak akan pernah mundur satu langkah pun.

Bahkan, mereka juga mengaku tak khawatir dan akan melayani berapapun jumlah personel aparat yang dikirim TNI untuk menghadapi mereka.

"Kami tidak akan mundur satu langkah pun, kau mau kirim berapa personel aparat pun kita bakal tetap layani," ujar salah seorang di antara anggota KKB Papua itu.

Sementara dalam video lainnya, seorang dari anggota KKB Papua tersebut juga membeberkan persiapan latihan perang personel mereka untuk menghadapi aparat TNI-Polri.

"Dan pagi masuk lagi, mulai serang lagi. Dan sudah mulai baku perang sampai anggota kami lulus semua. Dan kami sudah siap," ungkapnya.

Selanjutnya, anggota KKB Papua itu juga mengungkapkan bahwa pihaknya sempat terlibat kontak senjata dengan aparat TNI-Polri dari Kabupaten Nduga.

"Baik, selamat sore. Kemarin kami dari pertahanan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat. Kemarin itu mereka (aparat) dari Kabupaten Nduga, kami dari pertahanan kejar mereka sampai ketemu di jalan trans Papua," ujarnya.