'Ganas' Saat Ejek Orang Pakai Masker Bodoh, Kini Pelaku Ciut Diciduk Polisi: Saya Minta Maaf

Terkini.id, Jakarta - Baru-baru ini, publik digemparkan dengan sebuah video seorang pria mengejek orang yang memakai masker dengan kata-kata kasar dan menyebutnya "bodoh".

Tak hanya itu, pria tersebut juga menuliskan bahwa jikalalu memang takut dengan Covid-19, maka seharusnya jangan ke mal, tetapi bangun bunker saja.

Setelah dilakukan penelusuran, rupanya pelaku perbuatan tak terpuji itu bernama Putu Arimbawa (28).

Ia diketahui merekam videonya yang kemudian viral di sebuah mal di kawasan Surabaya Barat pada Minggu, 2 Mei 2021.

Tak lama setelah aksi meresahkannya, Putu pun akhirnya diciduk oleh Satreskrim Polrestabes Surabaya. 

Sama seperti pelaku-pelaku perbuatan viral tak terpuji lainnya, Putu pun akhirnya meminta maaf secara terbuka kepada masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Surabaya.

Ia engaku menyesal atas perbuatannya yang mencederai semangat masyarakat dalam melawan Covid-19.

“Saya Putu Arimbawa, dengan adanya video yang saya upload Minggu 2 Mei, saya menyatakan orang memakai masker orang bodoh, saya minta maaf sebesar-besarnya," ungkapnya pada Selasa, 4 Mei 2021, seperti dikutip terkini.id dari Okezone.

"Pernyataan saya mencederai semangat masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Surabaya dalam menjaga protokol kesehatan."

Putu lantas berjanji untuk ke depannya akan menaati protokol kesehatan (prokes), terutama menggunakan masker.

Kasat Pol PP Pemkot Surabaya, Edi Cristiyanto mengatakan, pelaku akan dikenakan sanksi admnistratif berupa denda sebesar Rp150 ribu.

Selain itu, Putu juga akan disanksi sosial, yaitu membersihkan tempat penampungan gelandangan dan orang dengan gangguan jiwa di Liponsos, Keputih, Surabaya.

“Ini termasuk pelanggaran berat karena mengajak dan memeranghui opini masyarakat untuk tidak memakai masker, ada unsur provokatif," tutur Edi.

"Sanksi selain administrasi akan melakukan tindakan kerja sosial selama 1x24 jam,” pungkasnya.