Deklarasi ODF Kecamatan Cisolok, Camat: Kita Berharap Masyarakat Mempunyai Akses Ke Sanitasi Dasar Yaitu Jamban Sehat

Terkini.id, Sukabumi - Deklarasi Odf di Kecamatan Cikakak telah dilaksanakan pada hari Rabu 07 April 2021 kemarin. Camat Cisolok, Kurnia, berharap agar masyarakat mempunyai akses ke sanitasi dasar yaitu jamban sehat, sehingga sedikit demi sedikit mereka tidak BAB di sembarang tempat.

"Sesuai dengan tujuan dan tahapan ODF (Open Defecation Free), bahwa baik aparat pemerintah dari mulai desa dan kecamatan maupun sasaran pembinaan yaitu warga masyarakat se Kecamatan Cisolok, kita berharap masyarakat mempunyai akses ke sanitasi dasar yaitu jamban sehat, sehingga sedikit demi sedikit mereka tidak BAB di sembarang tempat," jelas Kurnia selaku Camat Cisolok, Kamis 08 April 2021 melalui sambungan Whatsapnya.

Lanjut dirinya, Sesuai dengan tahapan ODF,  bahwa untuk tahap pertama ini masyarakat memiliki akses ke jamban sehat. Tahap kedua masyarakat memiliki kesadaran utk mulai merubah perilaku BAB sembarangan, sehingga Tahap ketiga diharapkan masyarakat sudah mulai peduli untuk  memiliki jamban sehat sendiri atau berbentuk komunal.

"Untukk tahap pertama ini akses jamban sehat yang bisa dipergunakan warga adalah semua fasilitas umum, perkantoran pemerintah maupun swasta yang memiliki jamban sehat (musholla, mesjid, sekolah, kantor desa, dan fasum lainnya)," terangnya. 

Masih kata Kurnia, bahwa pengertian jamban sehat adalah jamban yg mempunyai tempat BAB/kloset.

"Jamban sehat adalah jamban yg mempunyai tempat BAB/kloset. Sumber air dan septik tank sebagai tempat buangan air limbahnya," pungkasnya. 

Acara Dekalarasi tersebut dihadiri Pihak-pihak terkait dan para tamu undangan lainnya. 

*Ruslan Raya.