Pebisnis Pemula Wajib Tau! Keuntungan Pakai WhatsApp Business API

Pebisnis Pemula Wajib Tau! Keuntungan Pakai WhatsApp Business API

A
Admin

Penulis

Terkinidotid Hadir di WhatsApp Channel
Follow

Terkini.id - WhatsApp Business Api atau Application Programming Interface merupakan salah satu fitur aplikasi WhatsApp untuk membantu dan mempermudah jaringan bisnisnya melalui komunikasi dengan pelanggan. Facebook sebagai perusahaan yang meluncurkan WhatsApp API mengkhususkan untuk membantu pebisnis menengah dan besar untuk bisa lebih meningkatkan kemampuan pesan WhatsApp mereka. Pembuatan ini ditujukan untuk menghubungkan pelanggan ke seluruh dunia.

Adanya API ini, bisnis menjadi menghubungkan sistem penjual dengan mengirim pesan transaksional secara otomatis. WhatsApp memang menjadi satu-satunya media obrolan sosial yang menyediakan fitur bisnis. Fitur ini memang sengaja dibuat setelah melihat banyak pengguna aplikasi WhatsApp mempergunakan aplikasi ini sebagai komunikasi dengan pembeli. Sehingga untuk membedakan penggunaan pribadi dengan bisnis, dibuatlah WhatsApp Business.

Dengan bantuan API bisnis ini akan menghubungkan sistem untuk mengontrol pesan transaksional secara otomatis, sehingga kontrol akan lebih besar atas pesan dan dapat mengurangi ketergantungan pada pengembang untuk mengelola integrasi sambil melacak kinerja WhatsApp Business lebih mulus. Keberadaan WhatsApp Business pastinya membantu banyak pebisnis, tidak hanya pebisnis besar, namun juga pebisnis kecil yang baru merintis. Untuk itu bagi pebisnis muda perlu untuk menyimak artikel ini dalam melihat beberapa poin menarik WhatsApp untuk Anda.

Kenalan Yuk, dengan WhatsApp Business Api!

WhatsApp Business API atau Application Programming Interface adalah salah satu fitur yang ditawarkan media obrolan online WhatsApp dalam membantu dan mempermudah bisnis, terutama pada pemeliharaan komunikasi dengan pelanggan-pelanggannya. Fitur ini memang ditawarkan WhatsApp Business API sebagai bagian yang ditunjuk untuk kepentingan bisnis, bukan personal atau perorangan sebagaimana pengguna aplikasi ini umumnya.

Tipe ini berbeda dengan WhatsApp Business. Pada WhatsApp ini adanya fitur lanjutan yang sebelumnya tidak bisa diakses dan didapatkan pada WhatsApp Business biasa. API atau Application Programming Interface WhatsApp ini digunakan memang untuk dikembangkan menjadi versi aplikasi, sistem, dan fitur lain untuk memenuhi kebutuhan komunikasi bisnis pelanggan dengan masih terhubung dengan WhatsApp.

Apa Perbedaan Layanan Whatsapp Business API Dengan WhatsApp Biasa?

Perbedaan layanan pasti terlihat dengan jelas ketika Anda sudah mencoba layanan WhatsApp Business API, karena perbedaan ini memang sangat signifikan, terlebih untuk pemilik WhatsApp yang biasanya mempergunakan dalam bisnis. Untuk pebisnis kecil dengan mempergunakan WhatsApp Business sudah sangat mencukupi, namun jika Anda memang menginginkan bisnis ini berkembang meluas, maka WhatsApp Business lebih canggih lagi.

Perbedaan antara WhatsApp Business API, WhatsApp Business, dan WhatsApp personal memang cukup signifikan. Banyak perbedaan yang melatarbelakangi perbedaan ini. Fitur perbedaan akan kami paparkan dari mulai profil bisnis hingga pada integrasi sistem CRM.

Pertama, untuk profil bisnis WhatsApp personal atau WhatsApp biasa ini tidak mendukung, hanya pada WhatsApp Business API dan WhatsApp Business saja yang menyediakan. Fitur profil ini digunakan untuk memperkenalkan bisnis sekaligus produk jualannya. Kedua, hanya pada WhatsApp Business API saja yang dapat memunculkan centang hijau verifikasi bisnis, sedangkan untuk kedua layanan WhatsApp tidak memiliki fitur ini. Fitur ini sekaligus menjadi tanda akun resmi yang akan membedakan dengan akun bodong pencurian, pastinya ini sangat membantu customer.

Ketiga, adanya tampilan pesan yang diberikan, sehingga memudahkan Pelanggan Untuk memulai permintaannya. Template ini berupa template pemesanan, pertanyaan jumlah stock, hingga laporan keluhan customer. Selanjutnya, jumlah broadcast untuk WhatsApp Business API tidak terbatas, berbeda dengan WhatsApp Business maupun WhatsApp personal biasa hanya maksimal 256 saja. Ini memang disesuaikan dengan WhatsApp Business API yang pastinya memiliki lebih banyak Pelanggan Yang terhubung. Kelima, jumlah agen yang terhubung dengan WhatsApp Business API juga tidak terhingga, berbeda dengan WhatsApp Business yang hanya memberikan 2 agen saja.

Hal yang semakin membedakan WhatsApp Business API dengan versi WhatsApp lainnya terletak pada manajemen bisnis. Pada WhatsApp Business API memungkinkan adanya fitur manajemen riwayat sebagai data based customer. Ada juga fitur laporan kinerja dan integrasi sistem CRM yang pastinya mendukung semua kegiatan bisnis dalam satu akun media saja. Itulah yang melandasi pentingnya pebisnis untuk merubah dari WhatsApp personal dengan WhatsApp Business API yang pastinya jauh lebih memudahkan.

Keuntungan Penggunaan Whatsapp Business API

Setelah mengenal beberapa perbedaan antara WhatsApp personal, WhatsApp Business, dengan WhatsApp Business API beberapa keuntungan dapat Anda dan bisnis Anda dapatkan. Beberapa diantaranya adalah:

Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Menggunakan WhatsApp Business API akan secara otomatis dengan meningkatkan kredibilitas atau kepercayaan pelanggan atas adanya Centang Hijau (Verified Badge) pada akun bisnis. Adanya pemberian centang ini menambah kepercayaan bahwa akun Anda telah mendapatkan verifikasi akun official. Sehingga pelanggan Anda dapat memulai mengirimkan pulsa tanpa adanya keraguan.

Jika respon yang Anda berikan cepat, akurat, dan mudah dipahami pembeli akan dengan mudah meletakkan kepercayaan pada Anda. Pemberian kepercayaan ini sangat penting untuk pemilik bisnis. Dengan centang hijau megisyaratkan bahwa pembeli hanya dapat menghubungi melalui WhatsApp Business API. Jika ada nomor lain yang mengaku-akui bisnis, tidak akan diperdulikan, karena banyak akun serupa dengan bisnis yang mungkin bisa merugikan pembeli Anda.

Layanan Pelanggan Yang Cepat Dan Responsive

Menggunakan WhatsApp Business API pastinya memudahkan Anda dalam menjalankan banyak fitur dalam satu akun. Artinya akan dengan mudah pekerjaan Anda dilakukan, terutama sewaktu melayani pertanyaan dan keluhan dari customer. WhatsApp Business API membuat pemberian respon lebih cepat, segala jawaban dari pertanyaan Pelanggan Anda dapat dengan mudah Anda jawab dari databased yang ada di akun WhatsApp Business API. Sehingga proses peresponan Pelanggan Dapat dilakukan dengan lebih cepat dan responsive.

Adanya fitur tambahan yang memudahkan perusahaan seperti auto respon, chat bot, multi-user atau multi-agen, alokasi chat per agen, pastinya akan memudahkan dalam memetakkan pertanyaan. Pertanyaan serupa akan dengan mudah dijawab melalui fitur auto respon ini. Pemberian bot pada chat juga membuat Pelanggan Mendapatkan jawaban lebih cepat sebelum petugas melakukan pembalasan, ini akan jauh memakan waktu singkat daripada pelayanan Pelanggan Satu-satu melalui WhatsApp personal.

Saluran komunikasi yang praktis dan Mudah digunakan

Dalam laman chat Pelanggan Bentuknya mirip dengan WhatsApp personal, tempat bubble chat, pengisian pesan juga sama, fitur dua centang juga bermakna sama. WhatsApp memang menjadi aplikasi obrolan paling banyak dipakai di Indonesia atas kemudahan pemakaiannya. Laman obrolan pada WhatsApp juga mudah dimengerti, sehingga ketika perusahaan ini mengeluarkan WhatsApp jenis ini dengan laman chat yang sama untuk Pelanggan Tidak akan kesulitan.

Aplikasi ini memungkinkan Pelanggan Berkomunikasi pada jalur dan saluran yang mereka gunakan. Pelanggan Anda tidak perlu memeriksa email mereka terus menerus karena untuk setiap pembaharuan pesan atau permintaan akan masuk kedalam pesan mereka. Dalam sisi lain, Anda dan pelanggan Anda tidak perlu untuk khawatir dengan aplikasi ini, karena mudah dan praktis dalam penggunaanya.

Mudah Diintegrasikan dengan sistem lain

WhatsApp ini memiliki keunggulan dalam mudah diintegrasikan dengan sistem lain. Jika Anda memiliki website atau sistem pembayaran sendiri seperti halnya CRM atau yang lainnya, maka akan dengan mudah dilakukan penginterasian akun. Integrasi ini tidak hanya dengan website penjualan online, tetapi juga beberapa laman media sosial.

Anda dapat memberikan link media sosial sebagai katalog atau perluasan tambahan dari akun Anda. Platform media sosial yang dapat terintegrasi dalam WhatsApp jenis ini seperti Line, Telegram, Facebook, Instagram. maupun Website bisnis Anda. Ada fitur yang akan menampung semua platform tersebut, jadi Anda tidak perlu bingung untuk melakukan pengintegrasian ini,

Dapat Mengirimkan Pesan Blast Secara Massal

Keuntungan terakhir yang harus Anda pahami ketika menentukan mengambil WhatsApp jenis ini untuk bisnis Anda adalah keberadaan pesan blast atau WhatsApp Blast secara massal tanpa perlu melakukan penyimpanan nomor kontak. Beberapa kontak yang telah menghubungi nomor WhatsApp Business Anda akan secara otomatis menjadi jaringan Anda, berikut beberapa kontak yang masuk dalam melalui pendaftaran website bisnis Anda.

Kontak-kontak ini dapat dengan mudah Anda lakukan pengiriman pesan massal atau pesan blast dalam satu waktu. Artinya pengiriman pesan akan menyeluruh dalam satu waktu bersamaan. Anda dapat mempergunakan fitur WhatsApp Blast ini untuk pengiriman notifikasi, informasi pembayaran, promosi, dan beberapa informasi tambahan secara cepat, tepat, dan mudah. WhatsApp Business API tidak hanya memberikan keungguntungan dengan kemudahan respon segala pesan pelanggan, tetapi juga memberikan kemudahan dalam pengiriman pesan secara bersama-sama.

Lantas, Bagaimana Cara Menggunakan Fitur-Fitur Whatsapp Business API Itu?

Memiliki Akses ke WhatsApp Business menjadi proses sederhana yang sangat mudah dilakukan bersamaan. Perlu selalu diingat API atau Application Processing Interface merupakan perpanjangan dari fungsi dan prosedur dalam mengirimkan informasi antara aplikasi yang berbeda. Anda memerlukan dasbor atau panel untuk mengatur informasi secara visual untuk memahami dan mengelola data yang berkali-kali muncul, ini akan lebih mudah jika ada tim ahli dalam membaca baris atau kode pemrograman tanpa akhir.

Kami akan memberikan dua opsi untuk memudahkan Anda mengoperasikan seluruh komponen dalam WhatsApp Business ini, berupa melakukan pengembangan dan pembuatan software atau sistem internal secara mandiri atau justru melalui penyedia dengan melibatkan pihak ketiga yang juga menjadi partner resmi WhatsApp untuk WhatsApp Business bisnis Anda. Anda dapat melakukan pemikiran yang matang dengan tim, karena menggunakan pihak ketiga akan berakibat pada penambahan pengeluaran bisnis, terlebih untuk Anda pebisnis pemula.

Namun mengingat banyaknya fitur yang mendukung bisnis Anda, pengeluaran pad pengembangan ini dapat dipertimbangkan kembali. Terlebih jika Anda dan tim memutuskan untuk memiliki tim pengembang internal bisnis sendiri, pastinya akan lebih mudah dalam melakukan maksimalisasi fitur. Anda hanya menugaskan tim pengembang ini untuk fitur-fitur tambahannya, berbeda dengan pihak ketiga yang dalam setiap pertemuan mungkin akan mengeluarkan biaya tambahan.

Demikian beberapa paparan keuntungan dan pengenalan fitur-fitur canggih WhatsApp Business API yang harus diketahui pebisnis. WhatsApp Business API tidak hanya dilengkapi dengan fitur berbalas pesan sebagaimana aplikasi pengiriman pesan, namun juga memuat fitur tambahan seperti promosi, penyimpanan data perusahaan, pelaporan kegiatan, evaluasi, dan beberapa fitur kemudahan untuk administrasi perusahaan atau bisnis Anda.